Rabu, 1 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tahun Anjing Tanah, Keberuntungan di Sektor Pertanian

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Kamis, 15 Februari 2018 | 15:18 PM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Malam nanti, warga etnis Tianghoa di seluruh belahan dunia akan merayakan pergantian tahun. Tak terkecuali di Gorontalo. Perayaan tahun baru atau lazimnya disebut Imlek itu ikut pula dilakukan warga etnis Tianghoa.

Persiapan menyambut Imlek di Gorontalo sudah berlangsung sejak beberapa hari terakhir. Itu terlihat dari kesibukan di Klenteng Tulus Harapan Kita di Kelurahan Biawu, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Pantauan Gorontalo Post, klenteng tertua di Gorontalo itu dihiasi aneka ornamen Tianghoa berwana merah. Mulai dari lampion hingga persiapan ibadah menyambut Imlek. Rencananya ibadah menyambut imlek akan dilaksanakan warga Tianghoa di Gorontalo mulai pagi ini sekitar pukul 09.00 wita.

Sementara itu sesuai penanggalan Tianghoa, tahun ini merupakan Imlek 2569 yang dinamakan Tahun Anjing Tanah. Tahun tersebut dipercaya akan membawa keberuntungan. Terutama di sektor pertanian yang sesuai dengan Unsur Tanah pada Tahun Anjing.

Wakil Ketua Majelis Klenteng Tulus Harapan Kita Gorontalo Hengki Komali mengatakan, di tahun Anjing Tanah pertumbuhan ekonomi cukup bergeliat. Hal itu sejalan dengan sifat anjing yang memiliki penciuam dan selalu mencari.

“Ditambah dengan tanah yang berkaitan dengan tumbuhan. Sehingga tahun anjing tanah ini sangat bagus untuk sektor pertanian,” ungkap Hengki.

Pria yang akrab disapa Ko’ Hin itu menambahkan, Gorontalo sebagai daerah pertanian akan sangat cocok untuk mengembangkan investasi di sektor pertanian dan perikanan di tahun anjing tanah.

Terpisah, pengusaha Chandra Dunda juga optimis bila sektor pertanian dan perikanan akan lebih bergairah di tahun anjing tanah. Apalagi hal itu ditunjang dengan kondisi Gorontalo yang merupakan daerah pertanian.

“Tentunya ketika sektor pertanian ini didorong dan ditingkatkan terutama ekspor jagung maka ekonomi Gorontaloa kan lebih tumbuh,” ujar pria biasa disapa Ko’ Can itu. Ia menambahkan, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor pertanian, selain sisi produksi penting pula diperhatian pengembangan industri. “Kami berharap pemerintah bisa mendorong pengembangan infrastruktur industri di Gorontalo. Sehingga ekonomi di daerah ini makin bergeliat,” tandasnya

Beruntung Vs Ciong di Tahun Anjing Tanah

Sementara itu Master Feng Shui Kenny Hoo kepada INDOPOS (Gorontalo Post grup) mencoba membaca peruntungan 12 shio. Dia memulai dari Shio Anjing. Menurutnya, akan ada lonjakan karir dan bisnis bagi mereka yang lahir di tahun Anjing.

”Karena kurangnya bintang pendukung, Shio Anjing perlu melakukan lebih banyak usaha dalam semua usaha untuk mencapai hasil yang diharapkan,” kata Suhu Kenny, Rabu (14/2).

Sedangkan Shio Babi akan dapat pendukung dan pembantu untuk meraih kekayaan dan keberuntungan karir yang lebih besar di tahun ini.  “Mereka akan memiliki lebih banyak orang baik yang akan membantu memecahkan sebagian besar tantangan, sehingga bisa berjalan dengan lancar di tahun ini,” bebernya.

Sementara mereka yang lahir dibawah naungan Shio Tikus akan memiliki waktu sibuk di sepanjang tahun ini, karena banyak bepergian. Akan ada banyak ide-ide yang inovatif dan kreatif di tahun ini. Tahun 2018 adalah tahun yang sangat baik bagi mereka untuk belajar lebih jauh, memperoleh pengetahuan atau keahlian baru yang dapat mengembangkan karir mereka.

Sedangkan mereka yang lahir dibawah naungan Shio Kerbau juga termasuk golongan yang beruntung. ”Munculnya beberapa bintang pendukung yang bagus di tahun ini, akan ada peningkatan karir dan bisnis yang baik. Bahkan akan diliputi kekayaan yang lebih besar dan keberuntungan properti yang lebih baik. Tahun ini juga waktu yang tepat untuk membeli properti baru, pindah ke rumah atau kantor yang baru,” sarannya.

Sementara itu, Ahli Fengshui Xiang Yi sempat meramal sedikit tentang perdiksi Tahun Anjing Tanah. Hal itu dia paparkan dalam Talkshow ”Peluncuran Kalender Tong Shu 2018” dan Buku ”Metode Membangun Nama Tionghoa” di Gramedia Emporium Pluit, belum lama ini.

Xiang Yi memprediksi di Tahun Anjing Tanah segala sesuatu akan berkembang lambat bahkan terkesan mengalami kemunduran. ”Ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Namun yang paling harus diperhatikan dalam tahun 2018 adalah data fengshui yang menunjukkan kemungkinan terjadi berbagai goncangan. Diantaranya, gempa bumi dan longsor,” paparnya kala itu.

Selain itu, patut di waspadai potensi ”kemunduran”, berupa kemerosotan ataupun terjatuh. Misalnya, jatuh dari ketinggian. Menurutnya, hal tersebut bakal sering menjadi berita utama di media cetak dan elektronik.

Pada tahun Anjing tanah 2018, disarankan agar semakin serius dalam menjaga stamina tubuh untuk menghindari serangan berbagai wabah penyakit. Dari sisi seni dan budaya, hal-hal lama yang usang/ antik akan muncul kembali ke permukaan, seperti trend musik dan fashion.

”Arah fengshui yang bisa membawa peruntungan baik adalah Tenggara dan Barat laut, sedangkan yang kurang baik adalah Utara dan Barat. Warna pada tahun Anjing Tanah 2018 yang membawa keberuntungan diprediksi warna putih,” pungkasnya.(tr-59/jpg/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar