Selasa, 26 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tak Ada Hubungan Berendam di Air Panas dengan Penyakit Jantung

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 20 September 2021 | 00:05 AM Tag: ,
  Dokter Tonny Roboth

Hargo.co.id, GORONTALO – Ada sejumlah orang beranggapan bahwa ketika memiliki riwayat penyakit jantung, maka pantang untuk berendam di air panas. Itu juga didasari adanya orang yang meninggal dunia saat berendam di air panas. 

Ini diungkapkan Dokter (dr) Tonny Roboth, Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi di RS Dunda Limboto. Menurutnya, tak ada hubungannya seorang yang punya riwayat penyakit jantung kemudian melakukan terapi dengan cara berendam di air panas.

“Masalah berendam di air panas dengan penyakit jantung menurut saya hampir tidak berhubungan. Alasannya, tidak menimbulkan efek ke jantung. Yang ada adalah efek itu lebih ke otot-otot di seluruh tubuh,” jelas dr. Tonny Roboth.

Lanjut katanya, biasanya yang berendam dengan di air panas itu hanya melancarkan peredaran darah, melancarkan otot-otot yang kaku. Tapi untuk efeknya ke jantung itu tidak ada hubungan sama sekali.

Yang pasti, sambung Tonny Roboth, ini hanya tips saja untuk orang dengan penderita penyakit jantung. Tentu kegiatan atau olahraga yang berat-berat harus dikurangi atau bahkan dihindari. Untuk mengetahui mana yang harus dikurangi atau dihindari harus kontrol ke dokter spesialis jantung dan juga ke dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

“Biasanya yang harus diketahui adalah saat melakukan aktivitas kemudian timbul rasa dada berdebar dan keringat dingin. Maka aktivitas tersebut harus segera dihentikan,” kuncinya.

 

Penulis: Herman Abdullah

(Visited 83 times, 1 visits today)

Komentar