Kamis, 20 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Bantuan, Data Pekerjaan di KTP Penting

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 20 Desember 2021 | 22:05 PM Tag: , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran saat menghadiri penyerahan bantuan sarpras kepada para nelayan dari DKP. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Data pekerjaan yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) sangatlah penting. Ini terkait dengan pemberian bantuan kepada masyarakat yang harus disesuaikan dengan profesinya. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Roni Imran belum lama ini dalam penyerahan bantuan kepada para nelayan.

“Padahal banyak masyarakat kita di Gorut yang kurang mampu yang tidak memperoleh bantuan seperti bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP),” ungkapnya.

Akibat dari salah mencantumkan jenis pekerjaan tersebut, kata Roni Imran, membuat banyak masyarakat yang sebenarnya pekerjaan mereka adalah nelayan, tidak mendapatkan bantuan untuk nelayan. 

“Karena dalam KTP Elektronik mereka tercantum pekerjaan petani, sehingga masyarakat yang sebenarnya memiliki profesi nelayan akhirnya tidak memperoleh bantuan,” tegas Roni Imran.

Lanjut katanya, ini merupakan kerugian terbesar bagi masyarakat itu sendiri, hanya karena kesalahan dalam mencantumkan profesi atau pekerjaan mereka yang sebenarnya. 

“Padahal banyak sekali masyarakat kita yang miskin dan membutuhkan bantuan, namun hanya karena kesalahan dalam jenis pekerjaan yang dicantumkan dalam KTP Elektronik, sehingga mereka yang sebenarnya berhak menerima bantuan, akhirnya tidak dapat menerima bantuan tersebut,” ujarnya.

Secara keseluruhan di Kabupaten Gorut kata Roni Imran, ada sekitar 78 desa yang berhubungan dengan laut, dan kendalanya banyak nelayan yang dalam KTP elektronik mereka mencantumkan pekerjaan sebagai petani.

Bagi Roni sebenarnya urusan nelayan tersebut merupakan hal yang mudah karena saat mereka mencari ikan, hanya membutuhkan alat yang sederhana. 

“Walaupun alatnya sederhana, namun dari sisi hasil maupun produktivitasnya tinggi. 

“Untuk itu, masyarakat yang telah memperoleh bantuan dari DKP diharapkan untuk dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan semaksimal mungkin,” harapnya.

Dan satu hal yang paling penting kata Roni terkait dengan bantuan yang telah disalurkan oleh DKP agar dapat menjadi sumber penghasilan dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga sehingga meningkatkan kesejahteraan dan juga ketika ada kelebihan tentu untuk menambah alat tangkap yang baru juga. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar