Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Bantuan, Kadis Sosial PMD Boalemo Sentil CSR BSG

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Rabu, 21 September 2022 | 00:05 Tag: , , , , , , , , ,
  Penyerahan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Pentadu Timur. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Berbagai musibah yang terjadi di Boalemo, menjadi atensi Pemerintah Daerah setempat, khususnya Dinas Sosial PMD. Betapa tidak, setiap kali ada musibah yang menimpa masyarakat, Dinas Sosil PMD lah yang selalu berada pada garda terdepan mendistribusikan bantuan.

Kadis Sosial PMD Boalemo, Mondru Mopangga, memastikan, setiap ada musibah yang menimpa warga, pasti akan disiapkan bantuan sosial. Bantuan sosial tersebut, diantaranya berupa perlatan tidur, terpal, peralatan dapur, hingga bantuan beras. Ini kata dia, disesuaikan dengan persediaan yang ada di Gudang Logistik Dinas Sosial PMD Boalemo itu sendiri.

“Contoh kejadian kebakaran di Desa Pentadu Timur kemarin, kami verifikasi dan selanjutnya disalurkan bantuan. Termasuk bantuan beras sebanyak dua koli yang diserahkan langsung oleh Pak Sekda Sherman Moridu dan Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho,” kata Mondru Mopangga dalam keterangannya yang diterima Hargo.co.id, Selasa, (20/09/2022).

Dikatakan Mondru Mopangga, pada momentum penyerahan bantuan di Desa Pentadu Timur tersebut, Sekda Boalemo menghubungi Kepala Bank SulutGo (BSG) Tilamuta, Mareyke Kamaru. Sehingganya pada kesempatan itu, hadir Kepala BSG Tilamuta.

“Alhamdulillah Kepala BSG Tilamuta menyampaikan, bahwa beliau akan memberikan bantuan alakadarnya untuk korban bencana kebakaran,” ungkap Mondru Mopangga.

Lebih lanjut katanya, sempat disentil terkait Corporate Social Responsibility atau CSR. Yang mana, dirinya mempertanyakan, apakah BSG dapat memberikan CSR untuk membantu para korban bencana tersebut. Mengingat, CSR itu ada item sosial di didalamnya, tapi selama ini Dinas Sosial PMD Boalemo sendiri, tak pernah tersentuh oleh dana tersebut.

“Tapi, Alhamdulillah jawaban dari Ibu Kepala BSG Tilamuta, Insya Allah akan dibahas via rapat internal. Jika memungkinkan, akan diupayakan. Masukan saja proposal kata beliau,” ujarnya.

Terpisah, Kepala BSG Tilamuta Mareyke Kamaru, yang dimintai tanggapannya, mengungkapkan, bahwa CSR selama ini dikelola oleh Pemerintah Daerah Boalemo. Itu dibacakan setiap kali Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

“Kemarin memang Ibu Kadis pertanyakan terkait CSR, saya bilang untuk musibah ini bisa dibantu, tapi sifatnya bantuan biasa, bukan CSR. Karena CSR sudah dikelola oleh Pemerintah Daerah, dan kami menunggu proposal untuk bantuan musibah kemarin, itu pun melihat dan menyesuaikan dengan keadaan anggaran,” kata Mareyke Kamaru, menerangkan.

Ia menambahkan, CSR yang dipertanyakan oleh Kadis Sosial PMD, memang merupakan hak Pemerintah Daerah. Olehnya tak heran, tiap tahun BSG merealisasikan CSR yang jumlahnya Rp 1 Miliar sekian. Namun untuk teknisnya, sudah ada proposalnya dimasukan sebelum pembahasan RUPS.

“Bisa Dinas Sosial PMD memasukan proposal untuk kebakaran kemarin, tapi sifatnya hanya dana bantuan biasa, bukan CSR. Karena CSR itu kami koordinasinya ke Kantor Pusat. Terkait CSR ini, biasanya sebelum pencairan, itu dari Pemerintah Daerah sudah memasukan terlebih dahulu proposalnya. Jadi seluruh item kegiatan itu sudah ada dalam proposal tersebut,” ujarnya.

Penulis: Abdul Majid Rahman

(Visited 75 times, 1 visits today)

Komentar