Rapat kelembagaan yang dipimpin oleh Wakil Ketua 2 DPRD Kabupaten Gorontalo Utara, Hamzah Sidik. (Foto: Istimewa)

Terkait Hak Aleg DPRD Gorut, Ridwan: Harus Beda dengan Tahun Sebelumnya

Legislatif

Hargo.co.id, GORONTALO – Aleg Hanura, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan R. Arbie menegaskan agar tahun 2023 ini harus berbeda dengan tahun sebelumnya, seperti halnya ketika berbicara soal hak.

“Karena di DPRD ini, ketika berbicara soal hak, ada beberapa dan itu harus dibedakan. Ada hak pimpinan, ada hak Alat Kelengkapan Dewan (AKD), dan ada hak anggota serta fraksi” ungkap Ridwan belum lama ini dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua 2, Hamzah Sidik.

banner 728x485

Terkait dengan hak tersebut, Ridwan menegaskan bahwa tahun 2023 harus berbeda, dan itu harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan secara bersama.

“Hal ini saya sampaikan, karena ada beberapa contoh yang terjadi pada tahun kemarin, yang harusnya menjadi hak anggota justru tidak dilaksanakan, sehingga hal itu menjadi pertanyaan” kata Ridwan.

Seperti halnya untuk pengadaan baju, dan kemudian diputuskan oleh pimpinan tanpa sepengetahuan anggota. “Nda tau kemana, dan ini kan rancu dalam kelembagaan” tegasnya.

Berikutnya juga ada contoh-contoh terkait dengan hak, misalnya kata Ridwan dalam rapat tersebut yakni terkait dengan pelaksanaan reses yang secara otomatis merupakan hak anggota.

“Itu hak anggota bukan hak pimpinan. Sehingga untuk tahun ini, terkait dengan hak tersebut harus dibedakan,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Ridwan juga mengingatkan bahwa itu berhubungan dengan anggaran yang konsekuensinya tentu pada pelaksanaan agenda. “Kalau boleh, hari ini kita rapatkan dengan melibatkan seluruh anggota” tandasnya. (*)

Penulis: Alosius M. Budiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *