Masran Rauf saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Penguatan PPID di Grand Amalia Hotel Boalemo, Kamis (12/1/2023). (Foto: Istimewa)

Ini Upaya Diskominfotik Provinsi Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik di Gorontalo

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Kominfo dan Statistik (Kominfotik) Provinsi terus menjalankan komitmennya untuk meningkatkan kualitas keterbukaan informasi publik di seluruh kabupaten dan kota yang ada di daerah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan pendampingan dan pembinaan keterbukaan informasi publik di tiga kabupaten yakni Pohuwato, Boalemo dan Gorontalo Utara, dimulai dengan menggelar Rapat Koordinasi dengan mengundang Dinas Kominfo di tiga kabupaten tersebut.

banner 728x485

“Tahun ini kami ingin melakukan pembinaan terhadap kabupaten kota yang menjadi tugas dan kewenangan kami. Kita mulai dulu dengan tiga kabupaten ini,” kata Masran Rauf usai membuka Rapat Koordinasi yang berlangsung di Grand Amalia Hotel, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Kamis (12/1/2023).

“Target saya kualitas keterbukaan informasi publik baik di provinsi maupun tiga kabupaten ini memperoleh predikat menuju informatif. Karena itu, rapat koordinasi ini menjadi penting untuk menyamakan persepsi dan komitmen antar pemerintah provinsi dan kabupaten,” katanya menambahkan.

Masran Rauf mengatakan, suksesnya target tersebut bergantung pada komitmen pemerintah kabupaten yang menjadi lokus program. Pihaknya, kata dia, juga siap mengalokasikan anggaran sebagai dana stimulan untuk mendukung kerja pemerintah kabupaten.

“Misalnya untuk pelaksanaan bimtek. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang akan dibentuk itu tentu perlu dibekali dengan bimtek. Nah kalau anggarannya di kabupaten kurang kita akan tambah. Ini sebagai bentuk kolaborasi kita,” katanya menerangkan.

Selain untuk menyerap aspirasi dari Dinas Kominfo di tiga kabupaten, rapat koordinasi tersebut juga diisi dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Gorontalo Idris Kunte dan Pranata Humas Ahli Muda Dinas Kominfo dan Statistik Ismail Giu.

Masran Rauf mengatakan, setelah rapat koordinasi ini, program pendampingan akan dimulai pada bulan Maret-April 2023. Pada rentang waktu tersebut diharapkan PPID tiga kabupaten sudah terbentuk. Termasuk Peraturan Bupati tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi.

“Sesuai agendanya, pada bulan juli nanti akan dilaksanakan Bimtek bagi PPID tiga kabupaten yang akan menghadirkan perwakilan setiap OPD ini. Sehingga pada akhir tahun nanti akan digelar monitoring dan evaluasi dengan melibatkan Komisi Informasi Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *