Terkait Usaha Kandang Ayam yang Dikeluhkan Warga Tilihuwa, Pemilik: Baru Kali ini ada Keluhan

×

Terkait Usaha Kandang Ayam yang Dikeluhkan Warga Tilihuwa, Pemilik: Baru Kali ini ada Keluhan

Sebarkan artikel ini
Kandang Ayam yang dikeluhkan warga di Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Iwan/HARGO)
Kandang Ayam yang dikeluhkan warga di Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Iwan/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemilik Kandang Ayam di Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo mengaku tidak pernah menerima keluhan warga sekitar terkait usahanya tersebut.

badan keuangan

Iyam Rahman, salah satu pemilik usaha kandang ayam mengatakan, selama ini baik warga sekitar termasuk Muhammad Ricky Ibrahim, Pendiri yayasan Syekh Abdul Qodir Al Jailani tidak pernah mengeluhkan adanya kandang ayam tersebut.

Dirinya baru mengetahui adanya keluhan tersebut baru-baru ini setelah ada surat masuk ke kelurahan.

badan keuangan

“Komunikasi saya dengan warga selama ini cukup baik. Selama ini juga saya belum pernah bertemu dengan kiyai pemilik pesantren,” kata Iyam Rahman saat diwawancarai awak media, Minggu (21/5/2023).

Menurutnya, jika memang ada masalah, sebaiknya warga bisa bertemu langsung dengannya selaku pemilik usaha. Iyam Rahman juga mengatakan, usaha tersebut dikelola dengan baik serta memiliki izin.

“Kalau terkait dengan lalat dan bau busuk tersebut, memang saat itu tidak sempat disemprot. Tetapi untuk obat semprotnya ada. Pembasmi lalat itu juga ada, tetapi kemarin mereka tidak minta. Saya juga belum mengetahui bagaimana kondisinya saat itu,” imbuhnya.

Example 300250

Sementara itu, Syarief, pemilik kandang satunya lagi saat dikonfirmasi mengaku sudah menerima informasi terkait keluhan warga tersebut.

“Saya datang ke lokasi tersebut nanti sabtu dan minggu saja. Setau saya hubungan antara pengelola kandang dengan masyarakat sekitar dan juga pak kiyai itu baik,” kata Syarif.

Dirinya mengaku akan menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut kepada pemerintah setempat dan bersedia jika dilakukan mediasi.

“Saya sudah terima laporan dari pak lurah dan saya menunggu saja. Jika akan dilakukan pertemuan untuk mencari solusinya, saya bersedia,” katanya.

Sebelumnya, warga di Kelurahan Tilihuwa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo mengeluhkan bau tidak sedap yang ditimbulkan peternakan ayam yang berlokasi di sekitar pemukiman mereka.

Menurut warga, posisi dua kandang ayam yang hanya berjarak beberapa meter dari pemukiman itu sering menimbulkan bau tak sedap yang sangat mengganggu aktivitas mereka.

Jefri Jahidi, Lurah Tilihuwa saat dikonfirmasi membenarkan adanya keluhan dari warganya tersebut. Dirinya juga tengah berusaha untuk memediasi warga dengan pemilik usaha agar persoalan tersebut dapat segera terselesaikan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis



hari kesaktian pancasila