Rabu, 10 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tips! Begini Cara Merawat Sepatu yang Benar

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Kamis, 6 Juli 2017 | 16:05 Tag: , , , ,
  

Hargo.co.id – Sepatu adalah bagian terpenting dalam kegiatan kita sehari – hari. Jenisnya banyak, ada sepatu boot, sepatu panjat tebing dsb. Bahannya juga beraneka macam. Ada yg dari karet, kain keras, gore tex sampai bahan kulit atau kain.

Sebelum disimpan, Sepatu harus dibersihkan dulu. Kali ini Mr.Young Shoes Care penyedia jasa laundry dan perbaikan sepatu di Gorontalo akan berbagi tips tentang cara membersihkan dan merawat sepatu.

Mencuci sepatu idealnya harus memakai shampoo khusus seperti misalnya Sneaker Shampoo. Untuk model sepatu dari bahan kain dan kulit perlu disikat dgn sikat khusus sepatu. Caranya, sikat direndam dulu dalam air. Tersedia juga bahan pembersih semprot untuk suede/kulit.

Setelah bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan, jangan langsung kena sinar matahari. Lalu simpan, jangan di dalam kardus karena akan lembab dan terkena jamur. Boleh pakai silica gel, tapi harus diganti silikanya tiap 2 minggu. Paling baik sepatu disimpan di rak yg terbuka dgn posisi sepatu berdiri.

Produk pembersih sepatu yang ada di pasaran tidaklah murah. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara membersihkan sepatu sambil tetap menghemat. Selain bersih, dengan teknik ini, sepatu Anda dijamin juga wangi.

Sedangkan untuk sepatu dengan bahan kulit kaku (patent leather) bisa dibersihkan dengan kain lembut yang dicelupkan dalam air bercampur cuka. Sementara sepon lembut dengan shampo merupakan pembersih yang tepat untuk sepatu jenis suede (bahan kulit lunak). Untuk membersihkan bulu-bulu halusnya, maka gunakan kuas atau sikat lembut.

Sepatu kanvas harus dicuci dengan tangan. Penggunaan mesin cuci hanya akan merusak bahan dan sol sepatunya. Cucilah dengan pembersih khusus. Gunakan sikat khusus untuk menghapus noda membandel, bila perlu gunakan pemutih

Cuci sol karetnya dari bagian luar saja, jangan rendam dalam air. Sneaker juga sebaiknya dikeringkan dengan cara alami, namun jauhkan dari sinar matahari secara langsung.

Perhatikan pula petunjuk mencuci yang tersedia saat Anda membeli sepatu baru. Sebelum mengaplikasikan bahan-bahan, cobalah terlebih dulu di bagian yang tak terlalu mencolok, agar bila terjadi reaksi kimia yang tidak diinginkan, maka Anda tidak mengorbankan seluruh sepatu.

Bila perlu gunakan ganjalan dalam sepatu untuk menjaga bentuk. Kalau tidak punya ganjal khusus, bisa juga menyumpal bagian dalam sepatu (Sepatu Etnik) dengan potongan koran.

Kalau bagian Sepatu Wanita ada yg lepas, rekat kembali dgn lem. Ingat, tiap perusahaan sepatu memakai lemnya sendiri, jadi lebih baik dilakukan oleh pembuat Model Sepatu Wanitanya.

Setelah itu sepatu bisa disemprot dengan bahan pelindung. Bahan ini sekaligus melindungi sepatu agar kedap air.

(bud/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar