Hamka Hendra Noer bertemu dengan Tokihiro Nakamura di Hotel Aston Kota Gorontalo sebelum bertolak ke Jepang, Jumat (20/1/2023). (Foto: Istimewa)

Usai Teken MSP, Hamka Diminta Tokihiro Kunjungi Negeri Sakura

Gorontalo

Hargo.co.id., GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mendapatkan undangan resmi dari Gubernur Ehime, Jepang, Tokihiro Nakamura. Undangan untuk mengunjungi negeri sakura tersebut berkaitan dengan Memorandum Saling Pengertian (MSP) yang telah ditandatangani pada 19 Januari 2023 kemarin.

Hamka Hendra Noer mengatakan, kerja sama Prefektur Ehime dengan Gorontalo dalam rangka mewujudkan masyarakat bebas karbon. Sedikitnya, ada empat ruang lingkup yang menjadi fokus kerja sama dua provinsi beda negara tersebut yaitu manajemen lingkungan, pembangunan ekonomi dan industri, pertanian dan kehutanan, serta pendidikan dan pelatihan.

banner 728x485

“Tadi secara resmi pak Gubernur Ehime mengundang kita bisa datang ke Ehime. Kita diundang untuk melihat dan studi tiru tentang bagaimana mereka mengelola empat ruang lingkup ini menjadi satu industri yang berkualitas dan menjadi pasokan nasional,” kata Hamka Hendra Noer usai bertemu dengan Tokihiro Nakamura di Hotel Aston Kota Gorontalo sebelum kembali ke Jepang, Jumat (20/1/2023).

Dirinya menuturkan, Gubernur Ehime mengaku sangat terkesan selama berada di Gorontalo. Selain memiliki potensi di bidang pertanian dan peternakan, Gorontalo juga memiliki potensi di bidang perikanan yang melimpah, terutama ikan Tuna.

Selain menandatangani MSP, delegasi Prefektur Ehime, Jepang di Gorontalo selama kurang lebih tiga hari, melakukan kunjungan ke Pelabuhan Anggrek, Gorut serta mengunjungi PT. Royal Coconut di Desa Ombulo, Kecamatan Limboto Barat.

“Orang Jepang itu sangat senang dengan ikan, oleh sebab itu beliau berharap kalau nanti misalnya tuna bisa di ekspor ke negaranya. Bukan berarti mereka kekurangan ikan tapi gubernur Ehime menilai kualitas ikan tuna kita bagus,” katanya menerangkan.

Terkait undangan dari Gubernur Ehime tersebut, Hamka Hendra Noer mengatakan pihaknya masih akan melakukan sejumlah persiapan agar kunjungan tersebut dapat berlangsung dengan efektif.

Menurutnya, kunjungan ke Ehime ini sangat diperlukan mengingat Ehime sendiri merupakan salah satu kota yang memasok seluruh kebutuhan di Jepang. Apalagi kunjungan ke Ehime itu merupakan permintaan khusus dari Tokihiro Nakamura agar pemprov Gorontalo dapat melihat langsung industri yang ada di sana.

“Pak Gubernur Ehime menunggu kita datang ke sana bulan Mei nanti. Insyaallah kita akan menyiapkan dengan baik. Saya dengan pak sekda juga akan menyiapkan kira kira UMKM apa yang kita tampilkan di sana sehingga nanti ada kerjasama city to city dengan Ehime,” katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *