Selasa, 26 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Warga Diterjang Banjir, Ini Sikap Legislator Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo Legislatif , pada Minggu, 19 September 2021 | 20:05 PM Tag:
  Wakil Ketua DPRD Boalemo, Muslimin Haruna. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Boalemo, Muslimin Haruna, mengaku sangat prihatin dengan kondisi rakyat. Bagaimana tidak, setiap musim hujan tiba, warga Boalemo pada sejumlah titik digenangi air.

Sepertihalnya belum lama ini, di mana sejumlah titik di daerah bertajuk Damai Bertasbih (julukan Boalemo), kembali dilanda banjir. Selain air yang mengalir dari pegunungan, banjir juga berasal dari luapan air sungai.

Ini lantas memantik reaksi dari Legislator Bumi Damai Bertasbih. Muslimin Haruna meminta pemerintah untuk sepat mencarikan solusi agar banjir bisa diatasi.

Menurutnya, salah satu solusi kongkret yang harus dilakukan bersama seluruh stakeholder terkait, yaitu perlu adanya melakukan normalisasi sungai dan membuat gorong-gorong di sejumlah titik pemukiman warga.

“Contohnya di Desa Mohungo. Saya sendiri lalu di samping Koramil itu sering bekerja di sana. Menurut saya, di sana perlu normalisasi sungai, mengeruk kedalaman sungai, agar kapasitas daya tampung sungai mendekati daya tampung semula dan ideal,”katanya, Ahad, (19/09/2021).

“Saya sudah cek beberapa lokasi, bahkan beberapa titik yang sudah pernah ada normalisasi itu sudah dangkal. Ada yang tertutup, dan juga ada saya temukan gorong-gorong sudah rusak,” ujarnya.

Secepatnya, kata Muslimin Haruna, terkait pembenahan kembali ini akan segera dibahas bersama. Bila perlu menurutnya, akan ditambah titik-titik untuk normalisasi sungai ini untuk mengantisipasi banjir.

“Anggarannya pada perubahan ini mungkin belum, tapi ke depan akan diaspirasikan itu dan wajib instansi teknis menindaklanjutinya. Untuk apa merancang yang belum terlihat, ini sudah jelas-jelas di depan mata, terus-menerus rakyat dilanda musibah,” jelasnya.

“Saya pastikan, saya sendiri akan menyuarakan ini. Saya tidak mengenal dari Dapil mana saya berasal, yang saya sadari saya adalah perwakilan rakyat yang harus hadir menyikapi kondisi-kondisi seperti ini,” kuncinya. (*)

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 102 times, 1 visits today)

Komentar