Kab. Gorontalo

WCD 2023, Menuju Kelanjutan Sektor Kelapa Generasi Mendatang

×

WCD 2023, Menuju Kelanjutan Sektor Kelapa Generasi Mendatang

Sebarkan artikel ini
WCD
Suasana pelaksanaan pembukaan World Coconut Day 2023 di halaman kantor Bupati Gorontalo. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pelaksanaan World Coconut Day (WCD) atau hari kelapa sedunia, bukan hanya sekedar ceremony semata. Tetapi, juga memikirkan kelanjutan perkembangan tanaman kelapa dimasa yang akan datang.

Berita Terkait:  Nelson Ajak Pengusaha Muda Bersinergi dengan Pemerintah

badan keuangan

Menurut Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, kelapa merupakan tanaman kehidupan mulai dari akar sampai daunnya sangat bermanfaat bagi manusia. Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara produsen kelapa dunia, kemudian peringkat pertama sebagai negara eksportir kelapa butir di dunia dan peringkat kedua untuk ekspor kelapa parut atau kering dan minyak kelapa. Kelapa, kata dia, memainkan peran penting dan tak tergantikan dalam komunitas global, khususnya bagi negara-negara penghasil kelapa.

“Bersamaan dengan beberapa fakta tersebut, Kabupaten Gorontalo menggelar World Coconut Day untuk mengembangkan salah satu kekayaan alam yaitu buah kelapa tersebut. Pagelaran akbar ini selain untuk mengenalkan beragam manfaat dan potensi dari buah kelapa dunia, sehingga dengan sebutir kelapa ini bisa jadi alternatif usaha berupa ekonomi lestari yang memanfaatkan alam,” tandas Nelson.

Berita Terkait:  Pemkab Gorontalo Launching PPDB 2024

badan keuangan

World Coconut Day, Nelson bilang, juga bisa jadi ladang kolaborasi antara masyarakat

dan pemodal atau stakeholder lainnya untuk saling bekerja sama mengembangkan ekonomi lestari ini.

Lanjut dikatakannya, lewat kegiatan ini juga para para petani lokal akan terbantu,

sehingga tak hanya memberikan manfaat bagi para pelaku bisnis baru kelapa khas dari Gorontalo.

Ini juga, tambah Nelson, ikut mengangkat ekonomi dan daya jual petani lokal. Sampai dengan mengembangkan lapangan kerja baru yang melibatkan banyak anak muda berpotensi.

World Coconut Day akan menjadi momentum awal untuk menjalin berbagai kolaborasi bisnis yang serius

dan berdampak yang sejalan dengan komitmen pemerintah daerah untuk mendorong pembangunan yang lestari dan berkelanjutan.

Berita Terkait:  Perda yang Tak Berjalan Maksimal Perlu Dievaluasi

“Dengan mempromosikan rantai nilai yang berkelanjutan, WCD bertujuan, meningkatkan akses pasar, membangun kepercayaan konsumen, dan memastikan keberlanjutan sosial dan lingkungan, dan ekonomi lestari dari industri kelapa,” ujar Nelson.

Nelson menambahkan, kehadiran seluruh lapisan penggerak industri kelapa hari ini merupakan

bukti komitmen bersama untuk memanfaatkan potensi sesungguhnya dari industri kelapa.

Harapannya agar masyarakat selalu menjaga dengan baik pohon kelapa. Diharapkan masyarakat untuk membudayakan air kelapa menjadi minuman rutin karena ini untuk kesehatan tubuh.

Berita Terkait:  Nelson Optimis FPDL bakal Berskala Internasional

“Jika air terbaik pertama di dunia adalah air zam-zam dan terbaik kedua adalah air kelapa. Air kelapa tidak punya virus dan bakteri karena sangat steril. Saya mengajak semuanya untuk memelihara pohon kelapa dengan baik, banyak manfaat dari daun hingga akarnya,” pungkas Nelson.(*)

Penulis: Deice 

Berita Terkait:  Pimpin Apel Korpri, Nelson Ingatkan Soal Efisiensi Keuangan