Kab. Bone Bolango

Senam Jadi Rutinitas Mingguan Warga Desa Tupa

×

Senam Jadi Rutinitas Mingguan Warga Desa Tupa

Sebarkan artikel ini
Rutinitas Warga Desa
Kekompakan ibu-ibu di Desa Tupa, Kecamatan Bone Bolango dalam melakukan senam mingguan guna mempererat tali persaudaran, Ahad (12/11/2023). (Foto: Wahyuningsih Gani/ Mahasiswa Magang UNG)

Hargo.co.id, GORONTALO – Desa Tupa adalah salah satu dari sekian banyak desa terpencil yang ada di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Buka Suara Soal Bawaslu Tolak NPHD Rp. 9 Miliar

badan keuangan

Meski berada di wilayah terpencil, namun Desa Tupa punya daya tarik bagi para warga desa lain ketika berkunjung ke sana. Daya tarik itu adalah suasana pemukiman yang asri dan terjaga. Belum lagi ditambah dengan udara sejuk saat pagi hari.

Tak hanya itu, masyarakat desa yang masih memegang teguh nilai-nilai gotong royong menjadi daya tarik tersendiri untuk desa yang terletak di ujung Kecamatan Tapa ini. Dengan bergotong royong serta melakukan rutinitas senam mingguan yang di laksanakan oleh sekelompok ibu-ibu di desa tupa menambah kesan menarik.

Berita Terkait:  Kunjungi Pantai Kurenai, Dilarang Bawa Miras

badan keuangan

Fatur Husain, instruktur senam mingguan di Desa Tupa mengaku kagum dengan kekompakan dan gotong royong warga setempat. Menurutnya, kegiatan positif yang dilaksanakan warga Desa Tupa jarang ditemukan di desa lain.

“kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh masyarakat dan menjadi komitmen bersama untuk lebih menjaga dan mempererat kekompakan dalam melakasnakan kegiatan mingguan. Rutinitas ini juga didukung oleh aparat desa di sini dengan bentuk support memberikan baju seragam yang di gunakan ibu-ibu untuk berolahraga senam mingguan,” ucap Fatur.

Berita Terkait:  Bupati Merlan Resmikan Gedung Baru DPRD Bone Bolango

Kekompakan masyarakat desa memang menjadi salah satu prinsip bermasyarakat di Desa Tupa.

Bahkan, untuk melestarikan budaya ini, pemerintah desa melalui kebijakan yang dibuat kepala desa

mendukung program senam yang digelar setiap pekan dengan mengundang para instruktur senam yang berpengalaman.

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Gelar Tournament Sepak Bola Bupati Cup U16

Tak hanya itu, seusai senam, semua masyarakat desa berkumpul menikmati hidangan yang sudah disediakan. Suasana kekeluargaan di Desa Tupa pun kian kental terasa, meninggalkan kesan mendalam tentang arti gotong royong yang mulai hilang di masyarakat perkotaan.(*)

Penulis: Wahyuningsih Gani/ Mahasiswa Magang UNG
Editor: Ryan Lagili 

Berita Terkait:  12 Jam Terjang Hutan TNBNW untuk Pesta Demokrasi di Pinogu