Burhan Pepen ada di hati
Kab. Gorontalo

Belum Jadi Prioritas Pemerintah, Warga Puncak Patungan Perbaiki Jalan Desa

×

Belum Jadi Prioritas Pemerintah, Warga Puncak Patungan Perbaiki Jalan Desa

Sebarkan artikel ini
Belum Jadi Prioritas Pemerintah, Warga Puncak Patungan Perbaiki Jalan Desa
Sejumlah warga di Desa Puncak, Kecamatan Pulubala sedang melakukan pengecoran jalan pada Minggu (1/9/2024). (Foto: Sucipto Mokodompis/ Hargo.co.id)

Hargo.co.id, GORONTALO – Warga Desa Puncak, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, berinisiatif memperbaiki jalan utama di desa mereka secara mandiri.

Berita Terkait:  Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemkab Gorontalo Bagikan Alsintan ke Poktan

badan keuangan

Pantauan media ini, jalan sepanjang sekitar 100 meter yang menjadi satu-satunya akses warga ini mengalami kerusakan parah.

Kondisi jalan yang menanjak dan menurun, serta hanya berupa tanah, menjadi semakin berbahaya saat musim hujan tiba.

Berita Terkait:  Hendra Hemeto Mendadak Tinggalkan Sidang Paripurna di DPRD, Kenapa?

Warga sekitar mengatakan, jalan yang becek dan licin saat musim hujan tersebut sering kali menyebabkan kecelakaan bagi pengendara yang melintas.

“Bukan anggaran dari pemerintah, material untuk pembuatan jalan ini disumbangkan oleh masyarakat yang berinisiatif untuk melakuakn pengecoran jalan ini,” ujar salah satu warga.

Berita Terkait:  Wabup Hendra Hadiri Wisuda 99 Santri LTPQ Tabongo

Ia menuturkan, sejumlah warga memutuskan untuk tidak menunggu bantuan dari pemerintah karena khawatir harus menunggu terlalu lama.

“Pengecoran ini harus segera dilakukan karena kondisinya sangat berbahaya, terutama saat hujan. Sudah sering terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Berita Terkait:  Komit Meningkatkan Kualitas Manajemen Kepegawaian

Sementara itu, Kepala Desa Puncak, Rinto Ambela saat dihubungi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, jalan tersebut merupakan akses penghubung Desa puncak dan Desa Ayumolingo.

“Jalan ini sudah parah, makanya tiap musim panen biaya angkut jadi mahal, karena itu masyarakat berinisiatif untuk memperbaiki jalan ini,” kata Rinto saat dihubungi awak media, Jum’at (6/9/2024).

Berita Terkait:  Nelson: Jangan Ada Lagi Guru Honorer Terima Gaji Dibawah Rp 1 Juta

Saat ditanyakan terkait anggaran dana desa untuk perbaikan jalan tersebut, Rinto mengatakan

jalan tersebut belum masuk salah satu prioritas penggunaan dana desa.

“Kalau untuk menggunakan dana desa itu masih bisa, karena itu masih jalan desa, belum status jalan kabupaten atau provinsi. Persoalannya saat ini belum bisa kita anggarkan begitu,” kata Rinto.

Berita Terkait:  BLISPI Youth Cup: Ini Pesan Pj Sekda Kabgor ke Delegasi Gorontalo

Lebih lanjut, dirinya mengatakan luas wilayah Desa Puncak yang memiliki tujuh dusun menjadi salah satu alasan jalan tersebut belum masuk prioritas.

Kendati demikian, Rinto mengapresiasi inisistif masyarakat yang telah patungan mengumpulkan bahan untuk memperbaiki jalan tersebut, tanpa menunggu anggaran dari pemerintah.

Berita Terkait:  Diklat PKN II di Sulut: Dua Pimpinan OPD Pemkab Gorontalo Masuk Lima Besar

“Saya secara pribadi sanagat mengapresiasi inisiatif masyarakat, karena membangun desa tidak hanya dari kita pemerintah, tapi harus juga ada inisiatif dari masyarakat,” pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Berita Terkait:  Hendra Hemeto: Semangat Generasi Muda Bisa Bawa Perubahan Bangsa