Menpora RI, Zainuddin Amali didampingi Penjagub Hamka Hendra Noer silaturahim dengan IGORNAS Kabupaten Boalemo di Pendopo Kanto Bupati, Minggu (23/1/2023). (Foto: Istimewa)

Bentuk SDM Indonesia Tangguh, Menpora: Peran Guru Olahraga Sangat Penting

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali mengatakan, peran Guru olahraga dalam membentuk SDM Indonesia yang tangguh sehingga mampu bersaing dengan negara lain, sangatlah penting.

Dirinya mengatakan, selama ini profesi sebagai guru olahraga cenderung termarjinalkan dibandingkan dengan guru mata pelajaran lain. Padahal, kata Zainudin Amali, guru olahraga setara dan sama pentingnya dengan guru mata pelajaran lain.

banner 728x485

“Dulu guru olahraga sangat sulit jadi kepala sekolah. Sekarang, saya dapat laporan sudah banyak guru olahraga jadi kepala sekolah,” kata Zainudin Amali saat bersilaturahmi dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kabupaten Boalemo, Minggu (23/1/2023).

“Jadi sekarang guru olahraga tidak boleh lagi merasa minder, tidak boleh merasa termarjinalkan,” kata Zainudin Amali di hadapan ratusan guru olahraga serta Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Dirinya menjelaskan, dibentuknya IGORNAS di seluruh daerah, diharapkan bisa meningkatkan harkat, martabat serta kepercayaan diri guru olahraga seluruh Indonesia.

“Biasanya guru olahraga itu tidak seperti guru mata pelajaran lain. Tidak menjadi guru yang utama. Mohon maaf, ada di pinggir pinggir. Sekarang, satu satunya guru mata pelajaran yang ada organisasinya di tingkat nasional adalah guru olahraga. Bahkan sekretariatnya ada di kantor Kemenpora,” kata Zainudin Amali.

Ditempat yang sama, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer menyampaikan harapannya kepada para guru olahraga untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan prestasi siswa siswi di Gorontalo.

“Kita bisa melihat, saat ini sudah ada beberapa cabang yang konsisten meraih prestasi seperti sepaktakraw dan taekwondo. Karena itu, saya berharap konsistensi guru olahraga dalam mendidik para siswa dan siswi kita ini, agar prestasi ini bisa terus ditingkatkan,” kata Hamka Hendra Noer.

Terkait kedatangan Menpora Zainudin Amali, dirinya juga mengucapkan terimakasih karena telah datang ke Provinsi Gorontalo, khususnya Kabupaten Boalemo. Kehadiran Zainudin Amali bahkan disambut adat Gorontalo karena baru pertama kali menginjakkan kaki di Boalemo sebagai pejabat negara.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *