Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Dana PEN untuk Fasilitas yang Urgent

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Rabu, 22 September 2021 | 00:05 AM Tag: , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail berharap agar rencana pemanfaatan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebanyak Rp 200 miliar, dimaksimalkan. Maklum, dana PEN untuk membangun fasilitas yang urgen dan dapat meningkatkan pendapatan daerah tentunya.

“Saya belum tahu dana tersebut untuk apa. Namun jika benar anggaran tersebut hanya akan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainal Umar Sidiki (ZUS), tentu ini harus dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, bermanfaat bagi daerah terutama dari sisi ekonominya,” jelas Gustam Ismail.

Jika sebagian akan dikelola oleh RSUD ZUS, kata Gustam Ismail, maka dirinya menilai bahwa itu sudah tepat. Pasalnya keberadaan dan kondisi RSUD ZUS selama ini hanya menjadi rumah sakit transit untuk selanjutnya dirujuk ke rumah sakit rujukan yang direkomendasikan.

Olehnya jika memang dana PEN yang sebesar Rp 30 miliar dialokasikan untuk RSUD ZUS, maka itu sangatlah baik. Makanya, harus dimanfaatkan untuk kepentingan perbaikan fasilitas yang ada di rumah sakit milik daerah ini. 

“Anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk membangun berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh sebuah rumah sakit agar dapat memenuhi standar dan kelayakan sebuah rumah sakit yang dapat menampung pasien untuk rawat inap,” tegas aleg PKS ini. 

Dengan kelengkapan fasilitas sebuah rumah sakit, maka masyarakat Gorontalo Utara tidak lagi atau tidak perlu cemas ketika harus dirujuk oleh RSUD ZUS ke rumah sakil luar daerah. Makanya, Gustam Ismail berharap agar dengan dana PEN tersebut dapat merubah wajah RSUD ZUS dan juga meningkatkan pelayanan serta fasilitas yang dibutuhkan. 

Disisi lain juga terkait dengan Rp 170 miliar yang akan dikelola oleh Dinas PUPR, Gustam Ismail berharap agar fasilitas yang selama ini terbengkalai dapat segera didibangun dengan anggaran tersebut. 

“Seperti halnya jalan bypass, jembatan dan lain sebagainya. Dengan memadainya infrastruktur daerah, maka tentunya ini juga dapat mendorong terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat karena ditunjang dengan infrastruktur daerah yang maksimal,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar