Gorontalo

Dukcapil PMD Provinsi Gelar Sosialisasi Implementasi Gorontalo Satu Data

×

Dukcapil PMD Provinsi Gelar Sosialisasi Implementasi Gorontalo Satu Data

Sebarkan artikel ini
Dukcapil PMD Sosialisasi
Dinas Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Sosialisasi Implementasi Gorontalo Satu Data dengan tema 'Akselerasi Pembangunan Data Berkualitas dari Desa' di Hotel Green Q Kota Gorontalo, Kamis (2/11/2023). (Foto: Dok. Dukcapil PMD)

Hargo.co.id, GORONTALODinas Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Sosialisasi Implementasi Gorontalo Satu Data, Kamis (2/11/2023).

badan keuangan

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Dukcapil PMD ini mengusung tema ‘Akselerasi Pembangunan Data Berkualitas dari Desa’.

Sosialisasi yang berlangsung di Hotel Green Q tersebut dibuka langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki.

badan keuangan

Sejumlah OPD seperti Dinas PMD, Dukcapil, Kominfo, Tapem, serta Bappeda se Provinsi Gorontalo hadir sebagai perserta dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Budi mengatakan, salah satu persoalan yang kerap dihadapi dalam pembangunan saat ini adalah terkait data.

“Tanpa harus menelisik jauh ke belakang, relatif mudah mengidentifikasi bahwa salah satu persoalan mendasar dalam pembangunan di negara ini adalah data,” kata Budi.

Ia juga menyebutkan sejumlah masalah yang sering muncul mulai dari keakuratan data, keterpaduan, kepemilikan.

Selain itu, kata Budi, proyek pembangunan aplikasi dan mekanisme mendapatkan data di lembaga-lembaga pemerintah yang selalu menjadi polemik.

“Padaha data merupakan faktor yang amat krusial dalam menentukan keberhasilan program kebijakan pembangunan oleh pemerintah,” paparnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, semakin berkualitas pengelolaan dan tata kelola data, maka akan semakin baik pula kualitas2 pembangunan yang dihasilkan.

Sebaliknya, tata kelola data yang kurang efektif tentu akan berdampak kurang baik terhadap kualitas dan keberlangsungan program pembangunan.

“Apalagi saat ini kita tengah diperhadapkan dengan berbagai macam tantangan. Juga target pembangunan yang relatif berada jauh di bawah angka capaian Nasional,” ungakap Budi.

Menurutnya, Permasalahan pembangunan tidak akan pernah selesai jika2 permasalahan ketersediaan data berkualitas belum mampu kita wujudkan.

“Pada intinya, data sangat dibutuhkan dalam konsep pembangunan, karena pada dasarnya pembangunan berawal dari data dan dapat menghasilkan data,” tandasnya.

Berita Terkait:  Madrasah Fest 2023: Delegasi Gorontalo Sukses Raih Prestasi

Sementara itu, Kepala Bidang Pemdes Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo, Syamsudin Mohangga Eda, sosialisi tersebut sangat penting bagi untuk dilakukan.

“Kami menyadari pentingnya persoalan terkait data ini sehingga kemudian inilah salah satu yang menjadi dasar dilaksanakannya kegiatan ini,” kata Syamsudin.

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) serta Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Hadir pula Pimpinan OPD dan Kepala BPS di tingkat kabupaten kota se provinsi Gorontalo serta beberapa tamu undangan lainnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis