Kab. Gorontalo

FPDL Diusulkan Masuk dalam KEN Kemenparekraf RI

×

FPDL Diusulkan Masuk dalam KEN Kemenparekraf RI

Sebarkan artikel ini
FPDL
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat melakukan zoom bersama Kemenparekraf.

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo mengusulkan festival pesona danau Limboto (FPDL) masuk dalam kharisma event nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI) tahun 2024 mendatang.

Berita Terkait:  MTQ Diharap Jadi Wadah Lahirkan Generasi Qurani

badan keuangan

Usulan ini disampaikan langsung oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, saat melakukan Zoom meeting bersama Kemenparekraf RI dan para kurator KEN, Selasa (21/11/2023).

Mengusulkan FPDL masuk dalam KEN Kemenparekraf RI, Nelson bukan tanpa alasan. Menurutnya, FPDL telah berhasil menumbuhkan kesadaran warga Kecamatan Limboto dalam pelestarian danau.

Berita Terkait:  Menparekraf Dorong Kabgor Jadi Kabupaten Kreatif Versi Unesco

badan keuangan

“Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mendorong event tersebut dengan tujuan

sebagai ajang Promosi Danau Limboto, kemudian juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian danau limboto,”papar Nelson Pomalingo.

Ia menambahkan, sebagai sumber kehidupan Danau Limboto terus mendapat perhatian pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk dikembalikan pelestariannya. Kata Nelson, saat ini Danau Limboto didorong menjadi geopark nasional maupun internasional. Kajian ini, menurutnya, telah dilakukan melalui kolaborasi penelitian anatara LIPI, Bappenas, perguruan tinggi bahkan Unesco.

Berita Terkait:  Diklat PKN II di Sulut: Dua Pimpinan OPD Pemkab Gorontalo Masuk Lima Besar

“Dengan event ini, terjadi peningkatan ekonomi masyarakat terutama bagi masyarakat nelayan termasuk UMKM dan seterusnya,” terang Bupati Nelson.

Bupati Nelson mengatakan, jika tak ada aral melintang FPDL 2024 akan dilaksanakan pada pertengahan tahun. Tema yang akan diusung pada kegiatan tersebut, ungkap Nelson, “The Limboto Lake is the Life Inspiration” yang berarti “Danau Limboto Sumber Inspirasi Kehidupan”.(*) 

Berita Terkait:  Di Era Nelson, Pemda Kabgor 8 Kali Raih Opini WTP Tanpa Jeda

Penulis: Deice