Rabu, 26 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gorontalo Utara Ikut Mendukung HB Jassin Jadi Pahlawan Nasional

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 17 Desember 2021 | 16:05 PM Tag: , , ,
  Foto bersama usai gelar diskusi tentang penjaringan perjuangan untuk mengusulkan Alm. HB Jassin sebagai Pahlawan Nasional. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Usulan Almarhum (Alm) Hans Bague (HB) Jassin untuk menjadi pahlawan nasional, nampaknya semakin mulus. Betapa tidak, dukungan agar tokoh yang berjulukan Paus Sastra itu, kini datang dari Gorontalo Utara (Gorut). 

“Usulan ini patut diapresiasi dan didukung. Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Gorontalo,” kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat mengikuti diskusi penjaringan perjuangan untuk mengusulkan HB. Jassin menjadi Pahlawan Nasional oleh Universitas Gorontalo.

Indra Yasin mengaku, tentu dirinya dalam hal ini, memposisikan diri sebagai keluarga. Sebagai keluarga, Indra Yasin ucapkan terima kasih banyak, bahwa ada akademisi dan para pejuang di Gorontalo yang sama-sama berjuang memperjuangkan Alm. HB Jassin menjadi pahlawan nasional.

Secara umum, Indra Yasin menilai Alm. HB Jassin layak disematkan sebagai Pahlawan Nasional. Karena memang secara nasional, bahkan internasional diakui sebagai sastrawan. 

“Bahkan Bangsa ini telah menjuluki beliau sebagai paus sastra Indonesia. Saya kira, kita sewaktu duduk di bangku sekolah mengenal sosok Alm. HB Jassin. Karena pertama, beliau merupakan pujangga baru dalam sastra Indonesia. Kedua, beliau telah diberikan penghargaan Bintang Mahaputra. Yang ketiga, beliau telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Sehingga sekarang tinggal pengakuan negara secara tertulis yang diperjuangkan,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius. M Budiman

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar