Harga cabai rawit di Pasar Sentral Kota Gorontalo alami penurunan Rabu (25/01/2023) (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Harga Cabai di Pasar Sentral Kota Gorontalo Kembali Turun, Perkilo Rp. 35 Ribu

Ekonomi

Hargo.co.id, GORONTALO – Harga cabai di Kota Gorontalo kembali turun. Jika sebelumnya, Rp. 45 ribu perkilo gram, kini harganya Rp. 35 Ribu.

Turunnya harga cabai rawit sudah dua kali terjadi di Kota Gorontalo. Pertama, terjadi sejak Desember 2022 lalu. Kala itu harga jual cabai rawit dari Rp. 60 ribu perkilo gram turun menjadi Rp. 45 Ribu perkilo. Penurunan harga jual kedua terjadi pada pekan kedua Januari.

banner 728x485

“Sekarang rica itu harganya cuman Rp. 35 ribu perkilo gram, kalau kemarin masih agak mahal yaitu Rp. 45 ribu perkilo. Kalau cabai keriting itu masih sama sih,” kata Naning pedagang rempah-rempah di Pasar Sentrak Kota Gorontalo, saat diwawancarai Hargo.co.id, Rabu (25/01/2023).

Naning menuturkan, pada akhir tahun 2022, harga jual cabai tidak stabil. Kadang naik, kadang pula turun. Namun, ketika memasuki awal Januari, harga cabai terus mengalami penurunan.

“Sebelum tahun baru harga cabai masih Rp. 60 ribu perkilo gram. Tetapi, memasuki tahun baru hingga pekan terakhir bulan Januari 2023, harga cabai rawit terus mengalami penurunan,” tutur Naning.

Naning sendiri membeli cabai tidak dari petani langsung, melainkan dari agen. Sehingga, memperoleh harga cabai tersebut dari tangan kedua. “Kalau rica itu kami tidak beli langsung dari petani, cuman biasanya agen yang antar ke pasar terus kami beli,” katanya.

Sementara itu, untuk harga cabai keriting berada dikisaran harga Rp 30 ribu perkilo. Sedikit berbeda dengan cabai rawit, permintaan cabai keriting juga relatif stabil meski lebih rendah dibandingkan cabai rawit karena masyarakat Gorontalo yang cenderung lebih menyukai makanan pedas.(*)

Penulis: Rita Setiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *