Penjabup Boalemo, Hendriwan, saat berbincang dengan Sekjen DPD-RI, di Jakarta. (Foto: Istimewa)

Hendriwan: Kelapa Merupakan Tanaman Unggulan Boalemo

Kab. Boalemo

Hargo.co.id, GORONTALO – Boalemo menyimpan banyak potensi di sektor pertanian. Selain jagung dan kakao, Daerah ini juga dikenal dengan penghasil kelapa dalam atau kelapa lokal, yang pada umumnya diolah menjadi kopra.

Melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) Boalemo, jumlah perkebunan kelapa di Boalemo berjumlah 8.428 hektare dengan jumlah produksi 6.977 ton per tahun pada 2011. Sedangkan di tahun 2012, jumlah produksi tembus di angka 7.232 ton per tahun.

banner 728x485

Sejak dulu, Boalemo memang dikenal dengan produksi kelapa dalam. Tak heran dalam pertemuan antara Penjabat Bupati (Penjabup) Hendriwan, bersama Sekjen DPD-RI Rahman Hadi, di Jakarta belum lama ini, turut mengulas salah satu tanaman unggulan tersebut.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Sekjen DPD-RI itu, Hendriwan membeberkan, jika ia bahkan ditawarkan bekerja sama dengan investor asal luar Negeri.

Sekjen DPD-RI Rahman Hadi bersama Penjabup Boalemo Hendriwan. (Foto: Istimewa)

“Pak Sekjen ternyata tahu bahwa Boalemo memiliki potensi di sektor pertanian, yakni kelapa dalam. Nanti saya coba bicarakan dulu dengan pihak-pihak terkait di Boalemo,” ungkap Hendriwan diwawancarai Hargo.co.id, pada Ahad, (22/01/2023).

Dikatakan Direktur Pendapatan Dirjen Kemendagri ini, kelapa memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Melihat potensi ini kata dia, sudah saatnya memanfaatkan peluang yang ada.

“Jika tak ada aral melintang, mudah-mudahan akan terwujud kerja sama dengan investor yang berminat kelapa dalam di Boalemo. Bagi saya, tentu ini peluang bagus dalam meningkatkan ekonomi Daerah dan masyarakat,” ujarnya.(*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *