Tuesday, 3 August 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Kata Thariq Modanggu Terkait Capaian Kinerja OPD

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Wednesday, 7 July 2021 | 10:05 AM Tags:
  Rapat evaluasi penyerapan APBN dan APBD hingga triwulan II yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu, memberi apresiasi atas laporan realisasi fisik dan keuangan hasil evaluasi di triwulan II 2021 dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu disampaikannya usai memimpin rapat evaluasi penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), termasuk APBD sampai dengan akhir triwulan II, Senin (05/07/2021).

“Apresiasi kepada sistem penyajian dari Bagian pembangunan yang sudah lebih baik dari sebelumnya dan juga apresiasi terhadap capaian Gorut yang sebelumnya berada di posisi paling buntut, tetapi sekarang berada di posisi ketiga di Provinsi Gorontalo. Serta apresiasi terhadap OPD, dalam hal ini PPTK dan KPA yang prestasinya melampaui target,” tutur Thariq Modanggu.

Ia menambahkan, dalam rapat itu juga dibahas soal pemecahan masalah penyerapan anggaran, terlebih pada kendala yang dihadapi.

“Masalah penyerapan anggaran secara umum itu ada hal-hal yang misalnya berkaitan dengan ketentuan-ketentuan teknis,” imbuhnya.

Untuk itu, Ia mengatakan, guna menghindari permasalahan dalam penyerapan anggaran, perlu adanya perencanaan, tetapi jangan di tahun berjalan.

“Jika perencanaannya sudah lebih awal di tahun sebelumnya, maka akan memudahkan penyerapan anggaran,” terangnya.

Dalam rapat itu Thariq Modanggu juga menyarankan agar ada perbaikan sistem evaluasi. Ia meminta ke depan, rapat tidak perlu berlangsung 2 sampai 3 jam.

“Makanya, setiap OPD yang akan hadir saat rakorev, sudah membuat catatan-catatan secara tertulis, dan itu dikirimkan ke Bagian Pembangunan. Sehingga, pada saat rakor tinggal ditayangkan. Dan yang dibahas tinggal hal-hal yang perlu dikoordinasikan lebih jauh,” tegasnya.

Rapat yang dilaksanakan di Aula Tinepo, Kantor Bupati Gorut itu dihadiri Plh. Sekda Gorut, Suleman Lakoro, Asisten I Setda Gorut, Thamrin Yusuf dan pimpinan OPD serta Kepala Bagian. (abk/adv/hargo)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar