Pembukaan rapat koordinasi Gorontalo Digital di Grand Amalia Hotel, Rabu (11/1/2023). (Foto: Istimewa)

Kolaborasi Perangkat Daerah Wujudkan Gorontalo Go Digital

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf menjelaskan tentang pentingnya kolaborasi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam mensukseskan Gorontalo Digital (Go Digi).

Dirinya mengungkapkan, saat ini masih terdapat beberapa kendala yang membutuhkan peran aktif dari setiap OPD, baik provinsi maupun Kabupaten kota.

banner 728x485

“Kami di Dinas Kominfo tidak dapat bekerja dengan maksimal jika tanpa dukungan dari unsur Bappeda, Dukcapil dan unsur terkait lainnya,” ucap Masran Rauf saat menghadiri rapat koordinasi Gorontalo Digital Tahun 2023 di Grand Amalia Hotel, Kabupaten Boalemo, Rabu (11/1/2023).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, Kadis Kominfo Kabupaten Kota, Dukcapil serta sejumlah unsur terkait itu, Masran Rauf juga mengungkapkan salah kendala yang saat ini tengah dihadapi oleh pemerintah Desa dan kelurahan.

“Salah satu kendala yang masih dihadapi saat ini yaitu pembuatan domain untuk desa dan kelurahan. Karena itu, dibutuhkan keseriusan kabupaten kota untuk pengurusan domain desa di Kemendagri. Selain itu, peran aktif kabupaten kota untuk penggunaan domain desa atau kelurahan juga sangat dibutuhkan,” Katanya menjelaskan.

Ditempat yang sama, Penjabat Bupati Boalemo, Hendriwan juga mengingatkan tentang perubahan yang terjadi di dunia, khususnya tentang arus digitalisasi.

Dirinya menjelaskan, terdapat perbedaan penerimaan pengetahuan di masyarakat pada awal pemberlakuan transaksi non tunai. Padahal semangat awal pemberlakuan digitalisasi dalam pembayaran adalah efisiensi dari segi waktu dan anggaran.

“Perlu penjelasan-penjelasan ataupun sosialisasi yang memang harus dilakukan secara bertahap, karena pengetahuan masyarakat berbeda-beda. Kita sampaikan perlahan lahan, karena memang mau tidak mau kita harus berubah,” dirinya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *