Edukasi

Mahasiswa KKN PK UNG Edukasi Warga Tentang Penyakit Kusta Lewat Sosialisasi

×

Mahasiswa KKN PK UNG Edukasi Warga Tentang Penyakit Kusta Lewat Sosialisasi

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN PK UNG Edukasi Warga Tentang Penyakit Kusta Lewat Sosialisasi
Usai sosialisasi, mahasiswa KKN PK UNG Buntulia Selatan melakukan foto bersama dengan pemateri yang dihadirkan.

Hargo.co.id, GORONTALO – Tak hanya melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga, mahasiswa profesi kesehatan (PK) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwato, juga menggelar sosialisasi tentang kesehatan, yakni pencegahan penularan penyakit kusta, PHBS, dan kesehatan jiwa.

Berita Terkait:  Tingkatkan Kemampuan Public Speaking, FSB UNG Gelar Pelatihan Kelas Berani Berbicara

badan keuangan

“Selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis, kami juga menggelar sosialisasi yakni pencegahan penularan penyakit kusta, PHBS, dan kesehatan jiwa,” ungkap ketua panitia pelaksana kegiatan, Putri Indah Paransi.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan dihari yang sama dengan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga, yakni Senin (29/1/2024).

Berita Terkait:  Kritikan Funco Tanipu Terhadap Demokrasi, Pemilu dan Pilkada

badan keuangan

Hanya saja, lokasinya berbeda. Jika pemeriksaan kesehatan gratis di samping kantor Desa Buntulia Selatan, sosialisasi tentang kesehatan dilaksanakan di aula kantor desa.

Putri menuturkan, dalam melaksanakan sosialisasi itu, pihaknya menghadirkan dua narasumber atau pemateri, yakni Kepala Puskesmas Duhiadaa dan mahasiswa KKN PK UNG Buntulia Selatan.

Berita Terkait:  E-Vote Bermasalah, Pemilihan BEM UNG Ditunda Hingga 8 Mei 2024

“Ada juga dari dosen pendamping lapangan sebanyak dua orang,” sambung Putri.

Menurut Putri, kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan disambut antusias masyarakat. Hal ini, kata Putri, membuat pihaknya bersemangat untuk lebih gencar melaksanakan sosialisasi terkait penyakit menular, terutama penyakit kusta.

Berita Terkait:  Cegah Bullying di Kalangan Siswa, Mahasiswa KKN UNG-UGM Gelar Sosialisasi

“Pada kegiatan ini kami memberikan materi yang mencakup penjelasan penyakit kusta, penularannya, gejala dan pengobatannya. Sosialisasinya dilakukan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan pembagian leaflet kepada masyarakat,” ungkap Putri.

Masih kata Putri, terungkap pada sosialisasi, stigma masyarakat terhadap penderita penyakit kusta masih negatif. Hal ini, berdasarkan quesioner yang diisi oleh masyarakat yang hadir.

Berita Terkait:  Empower Talks: Kartini dan Jalan Panjang Kampus Merdeka dari Kekerasan Seksual

Bagi dia, stigma negatif masyarakat akan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa PK UNG yang melaksanakan KKN di Buntulia Selatan.

“Kami akan berupaya untuk memberikan pemahaman yang benar mengenai penyakit kusta agar masyarakat lebih terbuka dan mendukung penderita untuk berobat,” tutur Putri.

Berita Terkait:  RAT Al Ishlah Gorontalo Gelar Puncak Tema Keluarga Sakinah

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi pencerah bagi masyarakat untuk bisa lebih sadar

akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat secara fiisk maupun mental.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan 

Berita Terkait:  Pelaksanaan Kegiatan Sarapan Sehat Disambut Antusias Siswa