ramadan2024

Mengenal 5 Ilmuwan Perempuan Terhebat di Dunia

×

Mengenal 5 Ilmuwan Perempuan Terhebat di Dunia

Sebarkan artikel ini
Lima wanita ilmuwan terkenal (L’Oréal Paris)

Hargo.co.id – Lima ilmuwan perempuan dunia meraih penghargaan atas keunggulan, kreativitas serta kecerdesan mereka. Masing-masing mendapatkan 100.000 Euro sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi ilmiah mereka dalam bidang fisika kuantum, ilmu fisika dan fisika perbintangan.

badan keuangan

Lima perempuan luar biasa yang berasal dari 5 negara berbeda ini, masing-masing berkontribusi dengan caranya masing-masing untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.
Dalam acara penghargaan L’Oréal-UNESCO For Women in Science ke-19 di Maison de la Mutualité yang dilangsungkan 23 Maret 2017, komunitas sains internasional berkumpul untuk merayakan dan memberikan penghargaan bagi lima ilmuwan perempuan luar biasa atas pencapaian mereka dalam sains.

Acara tersebut dibuka oleh Irina Bokova, Director General UNESCO dan Jean-Paul Agon, Chairman dan CEO dari L’Oréal serta Chairman dari L’Oréal Foundation. Dalam sambutannya, Jean-Paul Agon menyoroti kekuatan dari para ilmuwan perempuan tersebut, serta para ilmuwan perempuan yang telah diapresiasi tahun ini.

Example 300250

“Hanya sains yang dibagikan dan dikendalikan untuk melayani masyarakat dunia yang dapat menjawab tantangan besar di abad ke-21, dan peneliti-peneliti kami adalah buktinya. Mereka adalah orang-orang yang membuat sains menjadi luar biasa,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3).

Lima ilmuwan perempuan tersebut adalah,

1. Professor Niveen M. Khashab (Arab Saudi)
Perempuan ini merancang nanoparticles baru yang dapat meningkatkan deteksi dini sebuah penyakit. Karyanya dalam kimia analitik dapat menghasilkan perawatan kesehatan yang lebih tepat sasaran dan kebutuhan.

Ramadhan 2024

2. Professor Michelle Simmons (Australia)
Perempuan ini mempelopori komputer kuantum ultra cepat. Karyanya mengenai transistor atomic-scale dikemudian hari dapat melahirkan komputer masa depan.

3. Professor Nicola A. Spaldin (Swiss)
Perempuan ini memperbarui bahan magnetic menjadi perangkat elektronik generasi selanjutnya. Penelitiannya terhadap bahan multiferroic dikemudian hari bisa menghasilkan generasi baru komponen peralatan elektronik.

4. Professor Maria Teresa Ruiz (Chili)
Perempuan ini menemukan jenis baru benda angkasa, antara bintang dan planet, tersembunyi dalam kegelapan alam semesta. Pengamatannya terhadap katai coklat dapat menjawab pertanyaan umum mengenai apakah ada kehidupan di planet lain.

5. Professor Zhenan Bao (Amerika Serikat)
Perempuan ini menciptakan bahan elektronik yang terinspirasi dari bahan kulit. Penelitiannya terhadap bahan-bahan fleksibel, elastis dan konduktif dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan prostesis. (cr1/JPG)



hari kesaktian pancasila