ramadan2024

Pelantikan Tiga Kepala Daerah di Gorontalo Bakal Berlangsung Luring

×

Pelantikan Tiga Kepala Daerah di Gorontalo Bakal Berlangsung Luring

Sebarkan artikel ini
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memimpin rapat persiapan pelantikan kepala daerah terpilih di Gorontalo, yang dihadiri perwakilan Pemda Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango, Senin (23/02/2021).
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memimpin rapat persiapan pelantikan kepala daerah terpilih di Gorontalo, yang dihadiri perwakilan Pemda Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Pohuwato dan Bone Bolango, Senin (23/02/2021).

Hargo.co.id, GORONTALO – Usulan Pemerintah Provinsi Gorontalo (Pemprov), untuk melakukan pelantikan tiga kepala daerah di Provinsi Gorontalo berlangsung Luring atau tatap muka akhirnya disetujui oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

badan keuangan

Disetujuinya usulan pelantikan secara tatap muka itu terungkap dalam rapat persiapan pelantikan yang dipimpin langsung oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang digelar di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Selasa (23/02/2021).

“Pak Menteri memang belum balas suratnya, tetapi diskusi lewat WA beliau sudah setuju, mengijinkan pelantikan di provinsi. Tetapi dengan syarat, yaitu harus memperketat protokol kesehatan, bahkan yang hadir pun kita batasi hanya 30 orang,” ujar Rusli Habibie.

Example 300250

Gubernur juga menerangkan, 30 orang yang dimaksud yakni perwakilan dari Pmprov dan Pemkab yang dilantik. Untuk Kabupaten diprioritaskan bagi lima orang, diantaranya Bupati dan Wakil Bupati terpilih bersama istri/suami, serta ketua DPRD. Untuk provinsi diprioritaskan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekdaprov, Rohanian, Ketua DPRD, serta beberapa pendukung acara seperti MC, protokoler, tim peliputan dan dokumentasi.

“Tadi ada saran dari pak Sekda Bone Bolango yang menyarankan 50 orang saja. Kita tampung dulu. Tapi ini saya WA lagi ke pak Mendagri. Mudah-mudahan cepat direspon. Tapi kita harus bersyukur, secara luring diizinkan pelantikan itu sudah sangat alhamdulillah. Jadi apapun syaratnya kita ikuti,” terang Rusli Habibie.

Gubernur Gorontalo II periode itu juga menegaskan, untuk tamu undangan yang hadir nanti, dirinya memerintahkan tim untuk membuat ID card tanda pengenal. Dengan begitu yang bisa masuk ke lokasi acara hanya yang memiliki Id card tersebut.

Hari Kartini

“Dan paling penting adalah rapid antigen. Jadi sampaikan ke semua undangan, paling lambat sudah melakukan rapid antigen hari kamis tanggal 25 Februari sehari sebelum pelantikan. Pelantikan sesuai kesepakatan kita akan laksanakan di halaman rumah dinas. Nanti juga akan dijaga ketat oleh TNI/Polri. Jadi tolong yah, kita ikuti semua aturan karena jika melanggar yang menerima konsekuensi ya Gubernur,” tegas Rusli Habibie.

Sebagaimana informasi yang disampaikan sebelunya, pelantikan serentak akan dilakukan pada Jumat 26 Februari 2021. Ada tiga daerah di Gorontalo yang melakukan pelantikan yakni untuk Kabupaten Gorontalo yaitu bupati dan wakil bupati terpilih Nelson Pomalingo – Hendra Hemeto, Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou – Merlan Uloli dan Kabupaten Pohuwato Syaiful Mbuinga – Suharsi Igirisa.(zul/adv/hargo)



hari kesaktian pancasila