Kamis, 6 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Gorontalo Kembali Terima Predikat Opini WTP

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 22 September 2022 | 18:05 Tag: , , , ,
  Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Kamis (22/9/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Gorontalo kembali menerima predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri keuangan RI, Sri mulyani kepada Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer.

Menteri keuangan RI, Sri mulyani dalam sambutannya saat penyerahan opini WTP tersebut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh daerah peraih opini WTP. Menurutnya, hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa dalam tata kelola keuangan negara maupun daerah.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa dalam membangun tata kelola keuangan secara akuntabel, transparan, bertanggung jawab,” katanya pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Kamis (22/9/2022).

Dirinya berharap diraihnya opini WTP tersebut tidak sekedar penghargaan berdasarkan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), namun juga harus dibarengi dengan penggunaan Anggaran yang tepat sasaran.

“Tentu kita berharap tidak hanya sekedar dari sisi status hasil audit BPK yang WTP, namun yang sangat penting adalah bagaimana APBN dan APBD bisa betul betul bermanfaat dalam memecahkan masalah masalah yang dihadapi bangsa Indonesia,” Katanya menerangkan.

Selain diberikan kepada daerah yang berhasil meraih WTP tahun 2021, penghargaan juga diserahkan kepada daerah yang sukses meraih WTP selama 15 kali, 10 kali dan lima kali berturut-turut. Dimana, Provinsi Gorontalo juga termasuk daerah dengan raihan Opini WTP selama lima kali berturut-turut.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengucapkan syukurnya atas penghargaan tersebut. Dirinya berharap capaian itu bisa menjadi motivasi dalam hal pengelolaan keuangan yang baik di daerah.

“Penghargaan ini Akan memacu kita untuk bekerja lebih akuntabel, bekerja lebih giat dan menjaga performance. Mudah mudahan tahun depan kita bisa kembali lagi untuk menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 24 times, 1 visits today)

Komentar