Wednesday, 28 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penyembelihan Hewan Kurban Sehari Setelah Salat Idul Adha

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara , pada Tuesday, 20 July 2021 | 02:05 AM Tags: ,
  Rapat koordinasi pimpinan daerah dalam rangka menghadapi kebijakan PPKM dan menjelang Idul Adha 1442 Hijriah yang dipimpin Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sehari setelah pelaksanaan Salat untuk pada Idul Adha 1442 Hijriyah. Panitia pelaksanaan, harus dapat memastikan untuk proses penyembelihan hewan kurban tidak menjadi bahan tontonan sehingga menimbulkan kerumunan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin saat memimpin rapat koordinasi pimpinan daerah dalam rangka menghadapi kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan menjelang pelaksanaan Idul Adha 1442 Hijriyah, akhir pekan lalu.

Penegasan yang disampaikan oleh Indra Yasin tersebut, berdasarkan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama Nomor 17 /2021 yang dalam isi surat edaran tersebut menerangkan untuk daerah yang tidak termasuk dalam wilayah PPKM Darurat dan merupakan wilayah zona hijau dan kuning, guna menekan kerumunan, maka penyembelihan hewan kurban dilaksanakan sehari setelah Idul Adha. 

“Kita anjurkan itu supaya tidak terjadi kerumunan. Jadi, penyelenggaraannya itu dimulai sehari setelahnya, yaitu 11, 12, 13 Zulhijah,” tegas Indra Yasin.

Selain itu juga dalam proses penyembelihan hewan kurban nanti, pihak panitia harus dapat memastikan tidak akan terjadi kerumunan dan harus menerapkan protokol kesehatan. 

“Panitia harus dapat memastikan penyembelihan tidak menjadi bahan tontonan, dan dalam prosesnya, cukup yang melaksanakan penyembelihan pihak yang melaksanakan kurban dan saksi,” ujarnya.

Untuk pembagian daging hewan kurban, kata Indra Yasin, itu langsung didistribusikan ke rumah warga, dan daging dikemas dengan rapi serta higienis. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar