Persoalan Sampah di Gorut Harus Diseriusi

×

Persoalan Sampah di Gorut Harus Diseriusi

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail. (Istimewa) Komisi II DPRD Gorut bakal Gelar Rapat Evaluasi
Anggota DPRD Gorut, Gustam Ismail. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Persoalan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) harus mendapat perhatian serius dari dinas terkait. Sebab, dampaknya sangat luas.

badan keuangan

Untuk itu, Aleg PKS, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorut, Gustam Ismail mengajak semua pihak untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sampah.

Gustam mengatakan, memang saat ini anggaran daerah minim, dan tentunya ini sangat menjadi sebuah persoalan yang harus dicarikan solusinya oleh para pengambil kebijakan.

badan keuangan

“Disisi lain, ada begitu banyak program yang harus dilaksanakan, sehingga harus dilihat mana yang mendesak untuk segera dilaksanakan, dan mana yang masih dapat dibijaksanai,” ungkapnya.

Namun demikian, bukan berarti persoalan pengelolaan sampah tidak mendesak, justru persoalan ini ketika tidak segera ditangani dengan baik, tentunya akan menjadi bom waktu kedepan.

“Bukan sedikit jumlah sampah setiap hari baik itu sampah rumah tangga dan lainnya dan terinformasi jumlah yang tertangani hanya sebagian kecil saja,” jelas Gustam.

Example 300250

Hal tersebut menandakan bahwa masih banyak sampah yang tidak tertangani dan itu yang terdapat di berbagai areal, mulai dari tanah kosong, sungai, selokan dan lainnya.

“Jika ini tidak segera mendapatkan penanganan, tentu akan ada tumpukan sampah dimana-mana, dan nantinya Dinas Lingkungan Hidup yang menjadi sasaran, padahal itu merupakan tanggungjawab kita semua,” tegasnya.

Oleh karena itu, kata Gustam, harus ada solusi yang diambil untuk dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi sampah yang belum terkelola tersebut.

“Sambil tentunya pihak DLH melakukan upaya-upaya yang terstruktur dan terukur, agar daerah ini tidak menjadi tumpukan sampah” pungkasnya.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila