Dr. Riko H. Djaini, S.Ip.,M.Ak. (Foto: Abdul Majid Rahman/HARGO)

Riko Djaini Dukung Penyegaran Birokrasi Pemkab Boalemo

Legislatif

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Boalemo, Riko Djaini, mendukung penyegaran birokrasi yang bakal dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo.

Dengan catatan, kata anggota Fraksi Nasdem-Perindo itu, penyegaran dilakukan berdasarkan assesmen melalui uji kempotensi, memperhatikan rekam jejak,  serta semata-mata untuk meningkatkan pelayanan publik. Artinya, tak ada kepentingan politik, maupun muatan tertentu.

banner 728x485

“Saya dukung selama itu  untuk kepentingan meningkatkan efektivitas dan efisien penyelenggaraan pemerintahan daerah. Apalagi Mutasi merupakan hak dan kewenangan kepala daerah,” ujarnya.

Di samping itu, yang tak kalah penting lagi kata dia, penjabub dalam melakukan mutasi, sudah mendapatkan persetujuan atau rekom dari komisi ASN. Sehingga tidak ada kesan mutasi Pimpinan SKPD, baik itu eselon dua dan tiga merupakan titipan orang tertentu.

“Saya kira setiap ASN juga sepakat bahwa dirinya, siap ditempatkan di mana saja. Harapan saya semua pihak seyogyanya lebih memahami Tupoksi masing-masing, sebagaimana yang sudah diatur dalam UU 23 tahun 2014, sebagai pedoman dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” tegasnya, Rabu (25/01/2023) di ruang kerjanya.

Dikatakan Riko Djaini, orang yang ditempatkan pada suatu jabatan, pastinya mempunyai indikator penilaian dari pihak berkompeten. Lalu kemudian hal ini menjadi kewenangan Kepala Daerah.

“Salah satu yang juga harus dipertimbangkan menurut saya, ya harus dilihat seperti apa dan bagaimana sepak terjang pejabat yang ditempatkan di satu jabatan. Jangan sampai yang banyak catatan kelam, justru diposisikan dalam jabatan strategis,” kata Doktor pada Bidang Administrasi Publik, lulusan UNG ini.

Lebih jauh, dirinya mengimbau masyarakat, agar tak terprovokasi dengan isu-isu miring yang seolah-olah ada perseteruan antara Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo, Hendriwan dengan Sekda Boalemo Sherman Moridu.

“Kita semua bertanggungjawab atas keamanan dan stabilitas Daerah. Berikan support kepada Pemerintah untuk melaksanakan program pembangunan. Jika mengkritik, silahkan. Tapi kalau boleh yang sifatnya membangun, bukan kritik saling menyerang si A atau si B,” tandasnya.(*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *