Minggu, 4 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



RSUD Tombulilato Dipastikan Siap Hadapi Eskalasi Covid-19

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 17 Juli 2021 | 00:05 Tag: , , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Batik Biru) didampingi anggota DPR RI Idah Syahidah (kiri), saat melakukan peninjauan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tombulilato, Jumat (16/07/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Didampingi anggota DPR RI Idah Syahidah, yang juga sebagai istrinya, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan peninjauan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tombulilato, Bone Bolango, Jumat (16/07/2021).

Peninjauan ini dilakukan guna memastikan kesiapan rumah sakit jika terjadi kemungkinan terburuk lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Gorontalo. Melihat kesiapan RSUD Tombulilato, Rusli menilai bahwa pihak rumah sakit telah siap dari berbagai aspek kebutuhan. Hanya saja, kesedian ventilator yang dibutuhkan rumah sakit masih kurang.

“Jadi mereka ketika terjadi eskalasi covid tertinggi, bisa menyiapkan kamar atau tempat tidur untuk 30 pasien. Tapi fasilitasnya kurang, terutama ventilator,” ungkap Rusli Habibie.

Untuk menangani kekurangan tersebut, Gubernur Gorontalo akan mendiskusikannya bersama bupati dan walikota serta harus melakukan refocusing. Karena menurut pengakuannya, anggaran yang ada di Provinsi Gorontalo juga belum memungkinkan untuk menutupi kekurangan fasilitas ini.

“Tapi SDM-nya mereka siap, obat – obatan serta oksigen cukup. Fasilitas yang kurang itu harus refocusing, nanti saya sampaikan ini kepada teman – teman bupati dan walikota,” imbuhnya

Lebih dari itu, Direktur RSUD Tombulilato Dr. Mulyadi Maksud menuturkan akan memaksimalkan kapasitas rumah sakit dalam mengantisipasi lonjakan pasien covid19. Berdasarkan pengalaman 3 bulan sebelumnya, RSUD Tombulilato pernah merawat 23 pasien covid19.

“Kami sudah lakukan rutin pengambilan oksigen itu 1 minggu 1 kali, untuk mengantisipasi karena wilayah jauh. Jarak dari rumah sakit ke aneka gas itu sekitar 110 km, kalau bolak balik jadi 220 km,” ungkap Direktur RSUD Tombulilato.

Adapun kesiapan yang telah dilakukan RSUD Tombulilato seperti 9 tempat tidur yang akan ditambahkan sebanyak 30 tempat tidur khusus pasien covid19, obat – obatan yang tersedia hingga bulan Oktober mendatang, dan 31 tabung oksigen.(***)

 

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar