Wednesday, 28 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Status Desa Tak Pengaruhi Besar Kecilnya Dana Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara , pada Monday, 19 July 2021 | 10:05 AM Tags: ,
  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gorontalo Utara (Gorut), Abdul Wahab Paudi.

Hargo.co.id, GORONTALO – Saat ini telah beredar isu bahwa status desa mempengaruhi besar kecilnya Dana Desa yang akan dikucurkan. Misalnya, suatu desa statusnya terus meningkat dari sangat tertinggal meningkat hingga menjadi Desa Mandiri, maka anggaran yang akan dikucurkan dari pemerintah pusat dalam bentuk dana desa akan berkurang. 

Itu lantas memantik reaksi dari Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMDes), Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi, yang mana menurutnya itu tersebut tak benar.  Dirinya lantas menjelaskan, terkait dengan peningkatan status desa berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), desa yang mengalami peningkatan status, misalnya desa mandiri, mereka akan mendapatkan tambahan dana desa dengan formula kinerja. Sehingga tidak mengalami penurunan dana desa. 

“Justru, kalau desa-desa yang tidak mengalami peningkatan kinerja, mereka juga mengalami penurunan untuk dana desa,” tegasnya.

Olehnya Abdul Wahab Paudi mengatakan, pihaknya terus mendorong setiap desa di Gorontalo Utara untuk maju dan berkembang. 

“Saat ini, kita bahkan sudah tidak ada lagi desa sangat tertinggal. Justru ada satu desa yang berstatus desa mandiri serta selebihnya berkembang dan tertinggal,” imbuhnya. 

Pada dasarnya, tegas Abdul Wahab Paudi, pengalokasian dana desa itu sangat ditentukan dengan bagaimana peningkatan status desa, ada formula kinerja dari desa itu sendiri. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 40 times, 1 visits today)

Komentar