Legislatif

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, DPRD Gorut Dorong KPU Gelar Kegiatan Informal

×

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, DPRD Gorut Dorong KPU Gelar Kegiatan Informal

Sebarkan artikel ini
Partisipasi, RKA APBD, Satpol PP Gorut
Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte. (Foto: Dok. Pribadi)

Hargo.co.id, GORONTALO – Guna meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) jangan hanya melaksanakan sosialisasi secara formal saja, namun perlu juga melaksanakan kegiatan informal lainnya.

badan keuangan

Demikian penyampaian Aleg PPP DPRD Gorut, Matran Lasunte saat berbincang dengan beberapa awak media di gedung DPRD, baru-baru ini.

“Yang menarik dan menjadi perhatian saya, bagaimana KPU Gorut tidak hanya melaksanakan sosialisasi secara formal, namun juga perlu melaksanakan kegiatan informal lainnya juga dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih,” kata Matran.

badan keuangan

Memang saat ini KPU dan pihak terkait lainnya juga gencar melaksanakan sosialisasi yang sifatnya formal. Bagi Matran, hal itu patut mendapat apresiasi. Hanya saja, kata Matran, kegiatan informal lainnya juga perlu dilakukan.

“Seperti halnya datang ke pelelangan ikan, kemudian berdiskusi dengan pengunjung lainnya sambil menyampaikan informasih,” ungkapnya.

Pada intinya kata Matran, KPU harus mendatangi pusat-pusat keramaian masyarakat, termasuk pasar yang banyak pengunjungnya.

Menanggapi penyampaian Aleg DPRD Gorut tersebut, Ketua KPU Gorut, Munawir Ismail mengatakan bahwa untuk sosialisasi pemilih dan hal-hal terkait lainnya, termasuk bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih itu terus pihaknya lakukan berjenjang mulai dari KPU, PPK sampai pada tataran PPS.

“Bahkan juga mencari para pemilih yang belum mengantongi KTP-el, sambil memberikan pemahaman terkait dengan pemilu,” terangnya.

Ia menuturkan, tugas dari penyelenggara pemilu hingga tataran adhock itu telah berjalan dengan semaksimal mungkin.

“Bisa di bilang fungsi tataran adhock itu selain mencari pemilih by name by addres, juga melakukan sosialisasi,” tandasnya.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman

Berita Terkait:  Gelar Demo, Mahasiswa Minta DPRD Copot Kepala Puskesmas Telaga