Kota Gorontalo

Selalu Berkinerja Baik, IPeKB Kota Gorontalo Tuai Pujian

×

Selalu Berkinerja Baik, IPeKB Kota Gorontalo Tuai Pujian

Sebarkan artikel ini
Suasana penyelenggaraan Muscab IPeKB Kota Gorontalo, Rabu (29/11/2023). (Foto: Rendi Wardani Fathan/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kinerja Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Kota Gorontalo menuai pujian dari Ketua DPD IPeKB Provinsi Gorontalo, Afrilianto Hida.

Berita Terkait:  Smart City Bukan Hanya Tanggungjawab Dinas Kominfo

badan keuangan

Pujian yang disampaikan Afrianto, bukan tanpa alasan. Menurutnya, kinerja IPeKB selama ini telah banyak memberikan dampak positif. Seperti penurunan stunting, pelayanan KB, pelaksanaan program bangga kencana dan program lainnya.

“Selalu ketika ada program, berkaitan dengan pelayanan Kb, terkait dengan penurunan stunting, mereka itu lebih diunggulkan dibanding kabupaten-kabupaten lain. Tidak juga saya menafikkan kabupaten lain, mereka juga berkinerja. Tetapi, IPeKB Kota itu selalu kompak. Bahkan, sebagai ketua DPD, saya sangat iri iri dengan kota Gorontalo. Sangat luar biasa kekompakan mereka,” kata Afrianto ketika diwawancarai disela kegiatan Muscab IPeKB Kota Gorontalo periode 2024-2028, Rabu (29/11/2023) di Shava Beach.

Berita Terkait:  Awal Februari, Kawasan Talumolo Rindang dan Indah Diresmikan

badan keuangan

Besar harapan Afrianto, kinerja IPeKB Kota Gorontalo dapat terus dipertahankan oleh

pengurus yang akan terpilih pada Muscab yang disupport oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) Kota Gorontalo tersebut.

“Saya berharap kedepan teman-teman IPeKB cabang Kota Gorontalo ini, bisa memilih dan bisa bermusyawarah dengan baik. Sehingga, bisa melahirkan pemimpin yang bisa bertransformasi lagi, lebih kompak, lebih satu komando,” ujarnya sembari menegaskan, IPeKB bukan seperti organisasi profesi yang lain, seperti IDI yang mempunyai keahlian.

Berita Terkait:  Wujudkan Smart City, Sekda: Kota Gorontalo Punya Potensi

“Tetapi, kita memang harus meningkatkan sumber daya manusia, harus lebih baik lagi. Karena itu sudah disampaikan oleh ibu ketua umum pada Munas di Surabaya. Dan tentunya kedepan IPeKB ini akan berjuang bisa mendapatkan yang namanya legal standing di Kemenkumham, sehingga bisa lahirlah organisasi profesi IPeKB,” tandasnya.

Senada dengan Afrianto, Ketua Tim Kerja Advokasi Penggerakan dan Informasi Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, Abdul Wahab Hadju juga menilai

kinerja IPeKB Kota Gorontalo sudah berjalan maksimal. Hal itu, menurutnya, bisa dilihat dari berbagai aspek atau indikator.

Berita Terkait:  Konsultan PT. SMI: Hasil Proyek PEN Pemkot Berkualitas dan Bermanfaat untuk Publik

“Tentu secara objektif, penyuluh itu kan kita nilai dari berbagai aspek, tentu dari kinerjanya, capaian-capaian program yang ada di wilayahnya, dan kedisiplinan,” tandas Abdul Wahab Hadju.

Ia juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada rekan-rekan demisioner IPeKB Kota Gorontalo yang selama ini mampu menggerakkan rekan-rekannya, selaku penyuluh lapangan di Kota Gorontalo.

Berita Terkait:  Ada Pangan Murah Bersubsidi di Kota Gorontalo, Catat Tanggalnya

“Harapan kita tentu nanti, pada Muscab ini teman-teman IPeKB memilih lagi ketua yang mampu dan bisa menggerakan rekan-rekannya untuk bisa mencapai target-target programnya yang diemban oleh penyuluh KB di Kota Gorontalo,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPPKB-P3A Kota Gorontalo, Suleman Abdullah menuturkan,

tujuan dilaksanakannya Muscab IPeKB Kota Gorontalo, karena masa kepengurusan saat ini telah berakhir.

Dirinya berharap, Muscab yang dilaksanakan bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama pengurus dan anggota IPeKB.

Berita Terkait:  Dugaan Kasus Pelecehan Siswa di Kota Gorontalo, DPPKBP3A Gerak Cepat Dampingi Korban

“Harapan kami musyawarah ini dilaksanakan dengan memegang semangat kekeluargaan  dan benar-benar memperlihatkan kecerdasan emosional dan yang akan terpilih nanti Insya Allah orang-orang yang punya kapasitas dan kapabilitas serta berkompoten,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan, pekerjaan IPeKB adalah pekerjaan sosial dan boleh dikatakan sebagai pembela kaum perempuan.

Berita Terkait:  Pemkot Gorontalo Gondol Dua Penghargaan dari Kemenkominfo

“Jadi mereka dengan duduk bersama bersilaturahmI juga untuk meningkatkan kompetensi mereka.

Perlu saya sampaikan pula, dikegiatan ini banyak pesan-pesan moril yang disampaikan,

baik itu Ketua DPD maupun BKKBN, sangat luar biasa,” tandasnya.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan 

Berita Terkait:  Kebakaran Marak Terjadi, Ini Imbauan Damkar Kota Gorontalo untuk Warga