HeadlineKabar Politik

Bendera PAN Dirusak Oknum Caleg Gerindra, Dimediasi, Berakhir Damai

×

Bendera PAN Dirusak Oknum Caleg Gerindra, Dimediasi, Berakhir Damai

Sebarkan artikel ini
Oknum Caleg
Salah satu atribut PAN yang dirusak IU oknum Caleg Provinsi Gorontalo dari Partai Gerindra.

Hargo.co.id, GORONTALO – Insiden tak mengenakkan justru terjadi di Kabupaten Pohuwato jelang Pemilu 2024, dimana salah satu atribut Partai Amanat Nasional (PAN) di Desa Bumbulan, Kecamatan Paguat, dirusak salah satu Oknum Caleg DPRD Provinsi Gorontalo, dari Partai Gerindra inisial IU, pada Rabu (20/12/2023). Hal ini sebagaimana terungkap dalam unggahan story Whatsapp Ketua DPD PAN Pohuwato, Mohamad Afif.

Berita Terkait:  Sungai Bone Meluap, Kota Gorontalo Diterjang Banjir

badan keuangan

Dalam unggahanya, nampak Muhamad Afif memperlihatkan kondisi atribut PAN yang sudah dirobek. Didepan salah satu Panwaslu Kecamatan dirinya berujar akan memproses hukum oknum perusak atribut partainya jika tak beroleh hasil mediasi.

“Koalisi Partai PAN dan Gerindra, akan tetapi bendera PAN dirobek-robek oleh salah satu calon DPRD Provinsi dan sudah di laporkan ke pihak Bawaslu dan mungkin akan di mediasi hari ini. Kalaupun tidak dapat hasil di mediasi kita proses hukum karena ini lambang Partai,” ungkap Anggota DPRD Kabupaten Pohuwato itu.

Berita Terkait:  HP Peserta Kemah Bakti UNG Raib Digasak Maling, Pelakunya Warga Kabgor

badan keuangan
Sementara itu, Sekretaris DPC Gerindra Pohuwato, Amir Sidariman, menyebutkan, persoalan itu sudah diterima oleh Partai Gerindra dan diminta untuk diselesaikan secara musyawarah mufakat.

“Saya sudah sampaikan di secara musyawarah mufakat saja karena Pemilu ini kita bawa dengan damai. Bukan pengrusakan, itu kesalahpahaman saja, kalau pengerusakan tidak mungkin lah tapi saya sudah bicara,” ucap Amir saat di konfirmasi.

Berita Terkait:  Tiga Rumah di Kota Gorontalo Hangus Terbakar, Satu Penghuni Tewas

Soal sanksi kepada Oknum Caleg, DPC Gerindra Pohuwato kata Amir akan segera memanggil yang bersangkutan untuk dimintai keterangan dan akan diberikan pembinaan.

“Nanti kita undang lah untuk memberikan apa namanya, pembinaan terhadap dia. Kita juga sudah telepon ke dua belah pihak untuk diselesaikan secara mufakat. Mungkin ada kesalahpahaman,” jelasnya.

Berita Terkait:  Kampanye di Dua Titik, Sawaludin Disambut Meriah Ratusan Warga

Sementara itu, Ketua DPD PAN Pohuwato, Muhamad Afif, menyebutkan,

persoalan tersebut sudah selesai di mediasi oleh Panwascam Paguat dengan menghadirkan

para pihak termasuk IU oknum Caleg yang diduga merusak atribut partainya tersebut.

“Sudah so aman, Alhamdulillah so tidak ada lagi, beliau sudah meminta maaf secara langsung di depan Panwascam dan teman-teman Polri,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Blusukan ke Pasar, TU Borong Jualan Pedagang dan Dibagikan ke Pengunjung

Sejauh ini pun, kata Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pohuwato itu,

sesuai petunjuk Pimpinan Wilayah PAN, Persoalan tersebut diminta untuk diselesaikan secara mediasi.

“Alhamdulillah saya juga sudah telepon Ketua DPW, disampaikan tolong di mediasi, apabila tidak ada solusi ya di mediasi lagi kalaupun tidak yah silahkan diproses hukum dan Alhamdulillah selesai di mediasi,” terang Muhamad Afif.

Berita Terkait:  Cak Imin Tak Penuhi Panggilan KPK Sebagai Saksi Dugaan Kasus TKI

Dirinya juga menjelaskan, insiden tersebut diawali oleh persoalan internal pemilik rumah dengan oknum Caleg Gerindra yang masih merupakan kerabat dekat.

“Motif, saya kurang tahu hanya mungkin karena beliau juga caleg dari Partai lain. Cuman ada masalah secara kekeluargaan karena kaka-adik juga ini yang bermasalah, bukan siapa-siapa. Dan sudah di mediasi di lokasi itu, sudah so aman,” pungkasnya.(*) 

Berita Terkait:  Umat Buddha Gorontalo Mulai Persiapkan Perayaan Hari Raya Waisak

Penulis: Riyan Lagili