Kab. Gorontalo Utara

Dinas Pendidikan Gorut Launching Program Ir_One

×

Dinas Pendidikan Gorut Launching Program Ir_One

Sebarkan artikel ini
Dinas Pendidikan Gorut
Bupati Gorut, Thariq Modanggu saat melaunching program Ir_One, Selasa (16/10/2023). (Foto: Alosius M. Budiman/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) menggelar launching dan sosialisasi sistem layanan manajemen berbasis digital serta peluncuran program Ir_One, Selasa (17/10/2023). Launching dilakukan oleh Bupati Gorut, Thariq Modanggu.

badan keuangan

Kepala Dinas Pendidikan Gorut, Irwan Usman menjelaskan,

kegiatan yang dilaksanakan merupakan sebuah desain yang mengarah pada peningkatan mutu pendidikan yang berbasis digital.

badan keuangan

“Salah satu aspek yang diangkat dalam kegiatan ini, menyusun sebuah desain layanan mutu pendidikan yang berbasis digital terintegrasi dengan kebijakan pemerintah daerah dalam hal keberpihakan penyelenggaraan pendidikan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut Irwan, dalam konsep penyusunan desain ini, disamping mendesain kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dibidang pendidikan oleh pemerintah daerah, pihaknya juga bekerja sama dengan Universitas Negeri Gorontalo.

“Nah, desain ini lebih tertuju pada bagaimana mengkolaborasikan antara konsep kebijakan penyelenggaraan pendidikan itu linear dengan kebijakan pemerintah daerah,” jelasnya.

Irwan mencontohkan seperti mendesain peta Jakestra untuk 2035 yang didesain oleh Bupati Gorut, Thariq Modanggu. Dalam aspek pendidikan seperti apa desainnya, itulah dasarnya.

Kondisi ini kata Irwan, kalau sudah terdesain berarti kebijakan penyelenggaraan pendidikan

dalam aspek peningkatan mutu yang linear dengan sistem transplantasi pendidikan secara nasional

yang mengedepankan basis digital ini akan linear baik secara implementasi dinas dalam aspek kajian-kajian teoritis,

kajian-kajian akademis, dan terus diinisiasi dengan kebijakan pemerintah pusat, yakni kurikulum merdeka.

“Sehingga saya mengapresiasi peta Jakestra yang dilaksanakan atupun yang didesain oleh bupati. Karena sangat membantu kita untuk menyusun road map pendidikan kedepan sampai 2035 nanti,” ujar Irwan.

“Disisi lain juga ini adalah sebuah hal yang saya geluti dimana untuk menyusun semua model layanan pendidikan berbasis digital yang kita kemas dalam bentuk aplikasi yakni smart disdik yang memang semata-mata adalah menu yang berada dalam mutu pencapaian pendidikan,” pungkas Irwan.(*)

Berita Terkait:  Persiapan HUT Gorontalo Utara Kian Dimatangkan

Penulis: Alosius M. Budiman