Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gemar Membaca, untuk Hasilkan Tulisan Berkualitas

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 16 Januari 2018 | 20:26 Tag: ,
  

Literasi menjadi salah satu aktifitas penting dalam mengembangkan kemampuan dalam menulis. Seperti yang diterapkan pemerintah melalui gerakan literasi sekolah, yaitu budaya membaca dan menulis yang dibangun melalui kebiasaan membaca selama 15 menit setiap harinya.

Gerakan yang dilakukan seperti ini, sangatlah penting untuk membangun kemampuan peserta didik. Banyak yang bisa didapatkan dalam pembudayaan literasi dalam dunia pendidikan. Seperti halnya Vivi Oktaviani Pulukadang, perempuan lulusan Madrasah Aliyah Negeri Kota Gorontalo ini, terbilang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang menulis, terbukti dengan berbagai prestasi baik tingkat daerah maunpn nasional yang ditorehkan dalam menulis seperti cerpen atau cerita pendek semasa duduk di bangku Madrasah Aliyah.

banner 728x485

Vivi mengungkapkan awal suka menulis, dimulai dari kegemarannya membaca cerita-cerita dan dongeng. Vivi pun mengaku mulai tertarik saat tulisan atau cerita yang ia baca, pas ending cerita tersebut kurang memuaskan. Vivi pun berniat untuk menulis sebuah cerita dengan ending yang bisa dibuat sendiri. Mulai dari inilah wanita berparas manis ini banyak menulis sebuah cerita-cerita. cerita pendek, dongeng hingga menulis kegiatan-kegiatan sehari yang dibikin sebuah alur cerita.

Sampai pada akhirnya saat duduk di sekolah dasar, ia pernah diberi tugas sekolah, untuk membuat sebuah pidato, dari sinilah vivi mulai mendapatkan apresiasi dari gurunya dari hasil menulis sebuah pidato. Hal ini pun membuat ia semangat dalam menulis. Hingga sampai pada ia duduk di bangku perkuliahan Universitas Negeri Gorontalo di jurusan Ilmu Hukum, Vivi mengaku masing aktif menulis.

Tips dari aku yang pengen belajar menulis yaitu “dengan banyak membaca, dari situlah kita akan banyak mendapatkan kosa kata dan biasakan sehabis membaca, bila ada pelajaran yang bisa diambil, dituliskan di kertas atau notebook. Kata-kata yang menurut kamu bisa dijadikan kutipan untuk menjadi referensi,” Kata vivi

Selain itu wanita yang lahir 29 Oktober ini menambahkan “Jangan hanya membaca tetapi kita juga harus bisa mempelajari dan memahami banyak hal dalam buku yang dibaca. Sehingga bisa dikembangkan dan improvisasi dalam sebuah tulisan yang bagus,” ujar Vivi. (ZT-07)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar