Kamis, 18 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hidup Mati Tetap Bersama, Warga Gorontalo Buat Pekarangan Rumah Jadi Kuburan

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 23 Agustus 2016 | 13:20 Tag:
  

Hargo.co.id GORONTALO – Kuburan, bagi daerah lain biasanya identik dengan tempat yang sepi, terpencil, bahkan ‘angker’. Namun lain halnya dengan Gorontalo.

Di Gorontalo, lokasi kuburan bisa dengan mudah dijumpai di halaman atau di pinggir rumah warga. Jarum jam menunjukkan pukul 09.00 wita.

Tiga orang pria bersama dua perempuan tampak sibuk memangkas dan mencabut rerumputan liar. Terik matahari yang mulai menusuk kulit seakan tak digubris.

Selang beberapa menit kemudian mereka duduk bersimpuh. Sambil mengadahkan tangan, salah satu pria berpeci putih komat-kamit membacakan sesuatu.

Tak lama setelah itu kelimanya berdiri sambil menyirami gundukan tanah dengan air dan diakhiri dengan taburan potongan daun pandan dan kelopak bunga.

Begitulah sekelumit suasana aktivitas warga di Kelurahan Heledulaa Utara yang sempat terpantau Gorontalo Post saat hari raya Idul Fitri beberapa waktu lalu.

Sudah menjadi kebiasaan, hampir di semua daerah tak terkecuali di Gorontalo, ketika menjelang maupun saat lebaran Idul Fitri masyarakat menyempatkan diri untuk berziarah ke kuburan.

Namun bedanya di Gorontalo, untuk ziarah kubur bagi sebagian besar masyarakat tak perlu melangkah jauh-jauh. Apalagi harus mendaki bukit.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Laman: 1 2 3 4


Komentar