Kab. Bone Bolango

Kualitas SDM, Merlan: Penentu Tingkat Kemiskinan

×

Kualitas SDM, Merlan: Penentu Tingkat Kemiskinan

Sebarkan artikel ini
Kemiskinan
Plt Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli ketika memberikan sambutan pada kegiatan pelantikan Rektor dan Pejabat Struktural UBM Gorontalo periode 2023-2027, Kamis (30/11/2023).

Hargo.co.id, GORONTALO – Bagi pelaksana tugas (Plt) Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu penentu tingkat kemiskinan.

Berita Terkait:  Lantik 366 PPPK, Merlan: Jangan Lupa Bersyukur

badan keuangan

Menurutnya, selama ini urusan pengentasan kemiskinan hanya diletakan di atas pundak pemerintah semata. Namun kedepan ia berharap, pemerintah daerah dan perguruan tinggi bahu-membahu membantu menjawab persoalan tersebut melalui program-program tri darma perguruan tinggi merdeka belajar.

“Salah satu wujud komitmen kami pemerintah daerah dalam membangun kualitas SDM adalah konsisten menjalin kerja sama dengan Universitas Bina Mandiri Gorontalo,” ujar Merlan saat memberikan sambutan pada kegiatan pelantikan Rektor dan Pejabat Struktural Universitas Bina Mandiri Gorontalo periode 2023-2027 dirangkaikan dengan ramah tamah wisudawan wisudawati program Diploma dan Sarjana tahun 2023, di Grand Palace Convention Center, Kamis (30/11/2023).

Berita Terkait:  Keluarga Korban Longsor Diimbau Tak ke Lokasi, Merlan: Percayakan Pencarian ke Petugas Gabungan

badan keuangan

Dalam kesempatan itu, Merlan juga mengemukakan, di Provinsi Gorontalo, Bone Bolango satu-satunya kabupaten yang lolos menjadi mitra Kementerian Pendidikan Nasional melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023. Program MBKM tersebut, kata dia, tengah berlangsung.

“MBKM ini meliputi Mahasiswa Magang Bersertifikat (MSIB), program dosen magang, program maching fun, dan program KKN tematik. Program ini melibatkan 39 perguruan tinggi berasal dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Bina Mandiri yang 2 orang mahasiswanya menjadi peserta,” terang Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu.

Berita Terkait:  Inflasi Mampu Dikendalikan, Pemkab Bone Bolango Terima DIF Senilai Rp 5,8 Miliar

Untuk itu, Merlan mengajak UBM untuk mengambil peran penting dalam proses menciptakan SDM yang handal. Mahasiswa berperan melakukan pemecahan masalah di masyarakat melalui penciptaan inovasi dan teknologi.

“Saya mengenal UMB sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Provinsi Gorontalo. Dimana kontribusi tridarma-nya telah berdampak positif terhadap pembangunan di Bone Bolango. Tentunya, eksistensi perguruan tinggi akan terus dibutuhkan pemerintah daerah, dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan dewasa ini,” beber Merlan.(*) 

Berita Terkait:  Tumbuh 28 Persen, Merlan Ukir Sejarah PAD Tertinggi Sepanjang Sejarah Bone Bolango

Penulis: Rendi Wardani Fathan