Kesehatan

Kulit Terluka, Segera Obati!

×

Kulit Terluka, Segera Obati!

Sebarkan artikel ini
Sumber Foto: https://unsplash.com/s/photos/hurting-skin?license=free&orientation=landscape
Sumber Foto: https://unsplash.com/s/photos/hurting-skin?license=free&orientation=landscape

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketika terluka, penting sekali untuk melakukan penanganan yang tepat agar luka tersebut tidak ingin mengalami infeksi dan dapat sembuh dengan lebih cepat.

badan keuangan

Banyak yang masih merasa bingung bagaimana cara mengobati kulit terluka dengan benar. Supaya tidak kebingungan, ada beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan untuk mengobati luka.

Cara Mengobati Kulit Terluka

badan keuangan

Sebelum mengobati kulit terluka, penting sekali untuk membersihkan tangan terlebih dahulu. Jangan menyentuh luka saat tangan dalam kondisi kotor. Pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun atau hand wash.

Mencuci tangan dengan hand wash bisa membantu membunuh kuman di tangan sehingga kuman tidak menempel di luka. Untuk mendapatkan hand wash kini Anda bisa membelinya secara mudah di Blibli.

Supaya luka cepat sembuh, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobatinya:

1. Mencuci Tangan Terlebih Dahulu

Seperti yang telah disebutkan tadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci tangan menggunakan sabun atau hand wash yang memiliki kandungan anti bakteri. Pasalnya, bakteri atau kuman bisa menyebabkan infeksi yang justru membuat luka semakin sulit disembuhkan.

Selain menggunakan hand wash Anda juga perlu menggunakan air bersih yang mengalir. Gunakan hand wash secukupnya lalu gosokkan ke tangan, sela-sela jari, dan bawah kukus paling tidak selama 20 detik. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Membersihkan Luka

Jika sudah selesai membersihkan tangan, berikutnya baru Anda bisa mulai untuk membersihkan luka dari kotoran debu dan juga bakteri yang mungkin menempel pada luka. Pertama bersihkan luka dengan mencuci menggunakan air hangat dan sabun lembut.

Namun jika takut terasa perih, hindari kontak langsung dengan luka. Selanjutnya bisa gunakan larutan antiseptik untuk mensterilkan area yang terluka. Gunakan kapas kemudian basahi dengan larutan antiseptik dan lapkan secara perlahan.

Berita Terkait:  9 Kebiasaan Baik yang Patut Dilakukan Sebelum Tidur Malam

Hilangkan kotoran atau benda asing yang ada di kulit yang perlu kamu menggunakan pinset steril misalnya saja seperti adanya serbukan kayu, kerikil kecil, kaca, atau apapun yang melukai.

3. Menutup Luka

Jika sudah selesai membersihkan luka, maka siapkan alat-alat untuk menutupi luka. Setelah dibersihkan menggunakan cairan antiseptik, keringkan area luka menggunakan kasa steril. Berikutnya oleskan salep antibiotik tipis-tipis pada luka. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi dan membuat luka cepat sembuh. Selanjutnya, barulah menutup luka menggunakan perban atau plester steril.

4. Perhatikan Tanda-Tanda Infeksi

Setelah dilakukan proses menutup luka menggunakan kasa atau plester, Anda juga tetap harus memantau kondisi luka tersebut apakah muncul tanda infeksi atau tidak. Jika ternyata muncul tanda kemerahan atau bengkak dan nanah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

5. Jaga Kebersihan Luka

Selama proses penyembuhan, Anda juga harus tetap memastikan kebersihan area yang terluka. Hindarkan dari kotoran atau air yang tidak bersih serta jangan menggaruk atau mengelupas luka karena ini bisa membuat proses penyembuhan semakin lama.

Namun Anda tetap harus ingat, jika luka tidak terlalu besar maka langkah-langkah di atas bisa dilakukan secara mandiri. Akan tetapi para ahli medis menyarankan, jika ternyata luka cukup besar dan membutuhkan penanganan yang lebih sebaiknya jangan ragu untuk membawanya ke dokter.

Jika ternyata lukanya tidak parah, Anda tetap bisa mengobati kulit terluka sendiri. Hanya saja pastikan menjaga kebersihan tangan saat akan membersihkan luka. Gunakan hand wash yang mengandung antibakteri karena ini efektif membersihkan tangan dari kuman dan bakteri. Dapatkan hand wash dengan antibakteri secara mudah di marketplace Blibli.

Belanja di Blibli akan memberikan Anda pengalaman belanja yang mudah, nyaman, dan aman. Ada banyak promo menarik seperti voucher belanja hingga promo gratis ongkir setiap hari. Jadi, tidak perlu ragu untuk belanja berbagai macam kebutuhan hanya di Blibli.(*)



hari kesaktian pancasila