Kesehatan

9 Kebiasaan Baik yang Patut Dilakukan Sebelum Tidur Malam

×

9 Kebiasaan Baik yang Patut Dilakukan Sebelum Tidur Malam

Sebarkan artikel ini
9 Kebiasaan Baik yang Patut Dilakukan Sebelum Tidur Malam
9 Kebiasaan Baik yang Patut Dilakukan Sebelum Tidur Malam

Hargo.co.id – Tidur merupakan rutinitas penting yang tidak boleh diabaikan. Orang dewasa berusia 18 hingga 40 tahun membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 8 jam sehari agar kesehatannya tetap terjaga. Kualitas tidur yang baik akan membuat Anda senantiasa bugar dan siap melanjutkan rutinitas sepanjang hari.

badan keuangan

Tahukah Anda kalau kualitas tidur juga erat kaitannya dengan kebiasaan yang Anda lakukan menjelang waktu tidur? Alangkah lebih baik bila Anda melakukan beberapa kebiasaan baik berikut ini pada malam hari supaya kualitas tidur selalu terjaga:

Mendengarkan Radio Online

badan keuangan

Bila terkadang membaca buku sebelum tidur rasanya membosankan, Anda bisa mencoba rutinitas menarik lainnya yaitu mendengarkan radio online. Sebuah penelitian kesehatan menyatakan bahwa mendengarkan radio 30 menit menjelang tidur dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat. Pilihlah siaran radio yang didominasi konten ringan seperti lagu atau obrolan.

Kini, streaming radio online di Indonesia makin praktis dan menyenangkan melalui Noice. Sebagai salah satu platform penyedia konten audio berkualitas terbesar di Indonesia, Noice selalu berkomitmen mempertahankan mutu kontennya. Anda dapat mengakses siaran berbagai radio online populer di Noice secara praktis kapan pun Anda menginginkannya, termasuk menjelang tidur.

Olahraga Ringan

Banyak orang menjadikan kesibukan sehari-hari sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Faktanya, olahraga tidak harus disertai dengan durasi panjang. Anda bisa melakukannya secara santai minimal 2 jam sebelum tidur. Luangkan waktu untuk berolahraga ringan agar otot-otot tubuh menjadi rileks dan proses pembakaran kalori berlebih dapat berlangsung dengan baik. Beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan menjelang tidur, antara lain angkat beban ringan, jalan santai, taichi, yoga, pilates, dan bersepeda santai. Lakukan salah satu olahraga tersebut dengan durasi singkat (maksimal 30 menit) untuk mendapatkan hasil maksimal pada malam hari.

Berita Terkait:  Mendirikan Sholat Secara Ilmiah Menurut Dokter Aloei Saboe

Mandi Air Dingin

Hal berikutnya yang patut Anda lakukan sesaat sebelum tidur adalah mandi air dingin. Kebiasaan ini tak boleh dilewatkan meskipun Anda sedang sibuk. Mandi air dingin akan membuat tubuh kembali bersih dan otot menjadi rileks setelah beraktivitas seharian. Jangan lupa lakukan kegiatan membersihkan diri lainnya ketika mandi, seperti mencuci rambut dan muka serta menyikat gigi. Tubuh yang bersih akan menjauhkan Anda dari risiko penyebaran penyakit menular, khususnya usai beraktivitas di luar rumah. Tubuh akan terasa lebih nyaman setelah mandi sehingga Anda lebih mudah tidur nyenyak.

Minum Segelas Air Putih

Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan apa pun minimal dua jam menjelang tidur. Selain itu, Anda juga mesti membiasakan diri untuk minum segelas air putih sebelum tidur. Konsumsi air dalam jumlah cukup akan membuat tubuh terhidrasi selama tidur semalaman sehingga kulit tetap sehat dan metabolisme tubuh pun berlangsung lancar. Jadi, pastikan kalau Anda hanya minum air putih sebelum tidur, bukan jenis minuman berwarna atau berperasa lainnya.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Tidur nyenyak juga erat kaitannya dengan pakaian yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda wajib menyiapkan pakaian yang nyaman dan bersih untuk mendukung kualitas tidur. Pilihlah pakaian tidur berukuran longgar yang bahannya lembut dan tidak terasa panas. Pakaian tidur yang tepat akan membuat sirkulasi udara pada kulit senantiasa lancar selama Anda tidur sehingga kualitas tidur semakin maksimal.

Meditasi

Belum banyak orang yang tahu kalau momen sebelum tidur adalah salah satu waktu terbaik untuk melakukan meditasi. Proses meditasi yang benar akan membuat Anda lebih rileks dan terbebas dari stres setelah beraktivitas seharian. Tubuh dan pikiran jadi lebih tenang serta konsentrasi terjaga dengan baik. Jadi, tak ada salahnya kalau Anda meluangkan waktu selama 15 hingga 20 menit untuk meditasi sebelum tidur sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

Berita Terkait:  Kulit Terluka, Segera Obati!

Menghirup Aroma Terapi

Tubuh dan pikiran yang masih tegang setelah beraktivitas seharian harus diatasi supaya tidak mengganggu kualitas tidur. Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan adalah menghirup aroma terapi favorit, seperti lavender, lemon, atau peppermint. Aroma tersebut akan menstimulasi otak sehingga jadi lebih rileks dan terbebas dari stres. Hasilnya, Anda pun jadi lebih mudah tertidur nyenyak hingga pagi hari.

Membaca Buku

Akses internet yang kian mudah memang membuat Anda leluasa menikmati konten audio visual setiap saat. Namun, bukan berarti Anda boleh terus-menerus menggunakan gadget hingga menjelang tidur. Justru Anda harus memberikan jeda waktu bagi diri sendiri untuk menjauh sejenak dari gadget ketika hendak tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa membaca buku secara rutin setiap malam. Kebiasaan membaca buku sangat bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, sekaligus memicu kantuk. Anda akan lebih mudah tertidur bila membaca buku secara teratur ketika waktu tidur hampir tiba.

Pillow Talk dengan Pasangan

Momen menjelang tidur juga mesti dimanfaatkan sebaik mungkin bila Anda sudah memiliki pasangan, khususnya jika Anda dan pasangan sering kali sama-sama sibuk seharian. Luangkan sedikit waktu sebelum tidur untuk mengobrol dengan pasangan. Anda bisa membahas rutinitas yang dilakukan pada hari tersebut, masalah anak, serta hal-hal penting lainnya. Lakukan obrolan ini secara santai agar tidak memicu konflik yang mengganggu kenyamanan tidur. Kebiasaan sederhana ini sangat baik untuk mempererat hubungan Anda dan pasangan agar senantiasa harmonis.

Jangan biarkan hal-hal sepele terus terjadi hingga mengakibatkan gangguan tidur malam yang berkepanjangan. Dapatkan kualitas tidur yang maksimal demi tubuh yang sehat dan berenergi setiap hari.



hari kesaktian pancasila