Edukasi

Mahasiswa dan Dosen Bastrasia FSB-UNG Gelar Penyuluhan Kejahatan Berbahasa di SMAN 6 Gorontalo

×

Mahasiswa dan Dosen Bastrasia FSB-UNG Gelar Penyuluhan Kejahatan Berbahasa di SMAN 6 Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Penyuluhan Kejahatan Berbahasa
Dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia (Bastrasia) Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo (FSB-UNG) saat menggelar penyuluhan di SMAN 6 Kota Gorontalo. (Foto: Jihan P. Mokoginta untuk HARGO)

Bahkan, lanjut Herman, penggunaan bahasa tersebut bisa berdampak pada kekerasan, akibat kurangnya edukasi tentang kejahatan berbahasa di media sosial.

Berita Terkait:  Mapala Lomaya UNG Gelar Telusur Budaya Pengunungan Tilongkabila

badan keuangan

Melihat fenomena ini, dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia berinisiatif menyelenggarakan sosialisasi yang bersifat edukatif.

“Inilah yang menjadi pemicu tergeraknya ide kreatif kami mahasiswa dan dosen berkolaborasi untuk memberikan penyuluhan dan edukasi terkait kejahatan berbahasa pada siswa di SMA,” terangnya.

Berita Terkait:  Dekan FIS UNG Apresiasi Seminar Nasional Jurusan Komunikasi

badan keuangan

Lebih lanjut Herman Didipu yang juga Dosen Pengampu Mata Kuliah itu mengatakan, penyuluhan tersebut merupakan bagian dari mata kuliah Linguistik Forensik.

“Kegiatan ini sebenarnya adalah bagian dari mata kuliah Linguistik Forensik yang akhirnya kami kemas dengan model penyuluhan seperti ini,” kata Herman.

Berita Terkait:  UT Sukses Layani Setengah Juta Mahasiswa