ramadan2024
Legislatif

Maksimalkan Perencanaan dan Pelaksanaan Program, OPD Wajib Berkoordinasi

×

Maksimalkan Perencanaan dan Pelaksanaan Program, OPD Wajib Berkoordinasi

Sebarkan artikel ini
Persoalan Keuangan, kebijakan - Kembangkan Destinasi Wisata Butuh Inovasi - Pelaksanaan Program
Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deasy S.M Datau. (Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) dalam pelaksanaan pembangunan daerah sangatlah penting untuk dilakukan, agar program yang disusun dan dilaksanakan maksimal hasilnya. Baik dari sisi pemanfaatan, juga dari sisi kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Berita Terkait:  Gugatan Pengelolaan Pulau Saronde di MA, Alhamid: Peluang Menang Pemkab Gorut Cukup Besar

badan keuangan

Ketua DPRD Gorut, Deasy S.M Datau mengungkapkan hal ini ketika berbincang dengan awak media beberapa waktu lalu kemarin.

“Sebenarnya, program akan maksimal baik dari sisi pelaksanaan, pemanfaatan hingga pemenuhan kebutuhan, ketika ada koordinasi yang baik lintas OPD,” ungkapnya.

Berita Terkait:  Dongkrak PAD, Gustam: Maksimalkan Potensi yang Ada

Example 300250

Koordinasi tersebut juga, kata Deasy dalam rangka pemerataan pembangunan daerah yang juga disesuaikan dengan potensi dari masing-masing wilayah yang dimiliki.

“Walaupun memang secara garis besar potensi untuk Kabupaten Gorut dari sektor pertanian dan juga kelautan,” tegasnya.

Berita Terkait:  DPRD Gorut Terus Perjuangkan Upah Bagi Honorer Satpol PP

Disisi lain, tidak juga mengesampingkan kebutuhan sosial masyarakat lainnya seperti kebutuhan jalan menuju pemukiman dan lainnya.

Hari Kartini

“Faktor penunjang terhadap pembangunan dan kajian daerah tidak terlepas dari infrastruktur terutama jalan. Sehingga, data awal sangat penting dalam sebuah perencanaan pembangunan daerah,” kata Deasy.

Berita Terkait:  Tangani Gaji ASN yang Belum Dibayarkan, Iskandar Usul Tarik Penyertaan Modal di BSG

Dari sisi legislatif kata Deasy, pihaknya memang menerima berbagai aspirasi. Namun, kata dia, para aleg tidak hanya melihat dari satu sisi saja. Pihaknya, tambah Deasy, lebih menitik beratkan pad faktor kebutuhan masyarakat.

“Dan kebanyakan aspirasi yang disampaikan itu relevan dengan kebutuhan dilapangan. Nah data pendukung lainnya juga sangat penting, seperti seberapa besar potensi wilayah tersebut dan analisis kedepannya akan seperti apa dilihat dari berbagai sektor, baik ekonomi, sosial dan lainnya” ujarnya.

Berita Terkait:  Harga Beras Melambung Tinggi, Syam Minta Bulog Gelar Pasar Murah

Tidak hanya itu saja yang disampaikan oleh aleg PDIP tersebut. Dari sisi penganggaran juga akan menjadi penentu dalam pelaksanaan program. Jika anggaran tidak mencukupi, ucap Deasy, bisa dilakukan secara bertahap.

“Jika bertahap, maka konsekuensinya harus berkesinambungan dan ini perlu perencanaan yang matang termasuk darimana sumber anggarannya, agar pelaksanaannya benar bertahap dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan harapan dan perencanaannya,” tandas Deasy.(*) 

Berita Terkait:  Lewat Program Aspirasi, Aleg Muda PPP Ini Ringankan Beban Kebutuhan Warga

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila