ramadan2024

Memaksimalkan Aspirasi Rakyat, DPRD Kabgor Gunakan e-Pokir 

×

Memaksimalkan Aspirasi Rakyat, DPRD Kabgor Gunakan e-Pokir 

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Yunus Dunggio

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo dari Fraksi Golkar, Yunus Dunggio, menyampaikan dalam memperbaiki sistem perencanaan legislatif secara transparan pihaknya telah menggunakan elektronik pokok-pokok pikiran (e-pokir).

badan keuangan

Menurutnya, penggunaan e-pokir sangat efektif dalam segala usulan dan masukan aspirasi dari masyarakat sehingga dapat tertampung dengan maksimal dan terstruktur. E-pokir merupakan usulan pengajuan kebijakan atau program yang diajukan oleh DPRD untuk difasilitasi melalui dana APBD. 

“Tujuannya adalah agar ada keterbukaan publik, e-pokir juga menjadi bagian tak terpisahkan dari proses APBD. Misalnya, ada satu program yang belum dapat direalisasikan dalam APBD induk, maka dapat dilanjutkan di APBDP,” kata Yunus usai melakukan rapat kerja bersama Bappeda Kabupaten Gorontalo, Ahad, (07/03/2021) 

Example 300250

Yunus mengungkapkan, e-pokir dapat bermanfaat bagi masyarakat apabila yang diajukan merupakan program yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, pembahasan pokok-pokir dan anggaran mulai mengemuka di DPRD jelang penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang menjadi cikal bakal Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). 

“Program atau aspirasi masyarakat diharapkan dapat selaras dengan program setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada, tercipta sinergitas dalam membangun daerah,” pungkas Yunus. (wie/adv/hargo)



hari kesaktian pancasila