Kota Gorontalo

Pemkot Gorontalo Gondol Dua Penghargaan dari Kemenkominfo

×

Pemkot Gorontalo Gondol Dua Penghargaan dari Kemenkominfo

Sebarkan artikel ini
Pemkot Gorontalo
Pengumuman pemenang penghargaan Kemenkominfo kategori SiCantik Cloud dan SPLP.

Hargo.co.id, GORONTALO – Pretasi demi prestasi terus diukir Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo. Tidak hanya di satu sektor saja, namun prestasi terus diukir di berbagai bidang.

badan keuangan

Jika sebelumnya, pemerintahan yang dikendalikan Marten Taha sebagai wali kota dan Ryan F. Kono sebagai wakil wali kota sukses menjadi daerah terbaik se-Indonesia dalam mengendalikan inflasi dan mampu menekan angka kemiskinan esktrem, kali ini Pemkot Gorontalo sukses menggondol penghargaan di bidang teknologi informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo).

Hebatnya, Pemerintah Kota Gorontalo sukses menyabet dua penghargaan sekaligus, masing-masing pemanfaatan SiCantik Cloud dan pemanfaatan sistem penghubung layanan pemerintah (SPLP). Setiap kategori, Pemerintah Kota Gorontalo duduk di peringkat ketiga.

badan keuangan

Disamping dua kategori tersebut, Kementrian Kominfo juga menyerahkan penghargaan pada ketegori pemanfaatan utilisasi pusat dana nasional (PDN), pemanfaatan jaringan intra pemerintah (JIP), pemanfaatan sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi), pemanfaatan email multi domain, dan pemanfaatan penyelenggaraan sistem elektronik (PSE).

Dua penghargaan yang diraih ini diumumkan di sela kegiatan rapat koordinasi kolaborasi implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) nasional, Selasa (17/10/2023) di Hotel Mulia, Jakarta.

Marten Taha ketika dimintai tanggapannya atas berbagai penghargaan yang diraih itu, mengaku bangga. Sebab, menurutnya, hal ini menjadi sebuah bukti kinerja pihaknya dalam percepatan penyelenggaraan SPBE di daerah.

Pun begitu, Marten tak mau jajarannya terlena atas capaian yang diraih.

“Jangan sampai kita terlena. Kita akan terus berkinerja dalam percepatan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik di daerah,” kata Marten Taha.

Untuk diketahui, SiCantik Cloud merupakan aplikasi layanan perizinan. Dalam mengoperasikannya, membutuhkan pemahaman bagi penyelenggara layanan perizinan dan masyarakat sebagai user. Oleh karena itu, pemanfaatan SiCantik Cloud bukan hanya andil dari Pemerintah Kota Gorontalo, tetapi dalam implementasinya, masyarakat memiliki andil besar.

Berita Terkait:  Wakili Gorontalo Sebagai Agen Stunting, Kader BKB Ini Dianugerahi Penghargaan Menko PMK

Sedangkan SPLP, secara umum tujuannya adalah untuk saling melakukan pertukaran layanan SPBE antar instansi yang ada di pusat atau di daerah.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Gorontalo terus berupaya bagaimana SPLP sebagai salah satu poin penting dalam infrastruktur SPBE dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga, aplikasi layanan publik dan layanan administrasi dapat saling terintegrasi dengan tepat.(*)

Penulis: Rendi Wardani Fathan