Gorontalo

Slamet Bakri Tekankan Pentingnya Inovasi

×

Slamet Bakri Tekankan Pentingnya Inovasi

Sebarkan artikel ini
Inovasi
Kadis Dukcapil PMD saat menghadiri kegiatan penilaian perlombaan kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo di Kantor kelurahan Bulotadaa Barat, Rabu (21/6/2023). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kadis Dukcapil PMD Provinsi Gorontalo, Slamet Bakri menekankan pentingnya gotong royong untuk menciptakan semangat ber inovasi masyarakat.

badan keuangan

Ia menyampaikan hal itu pada kegiatan penilaian perlombaan kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo di Kantor kelurahan Bulotadaa Barat, Rabu (21/6/2023).

“Tantangan kedepannya jauh lebih berat. Parameter keberhasilan ialah profil dengan indikator inovasi oleh kepala kelurahan atau kepala desa dalam mengelola kebijakan pemerintahan,” kata Slamet Bakri.

badan keuangan

Ia mengungkapkan, penilaian lomba desa dan kelurahan itu berdasarkan Permendagri nomor 13 Tahun 2007 tentang Lomba Desa dan Kelurahan.

Dasar yang lain yaitu Permendagri Nomor 81 Tahun 2019 tentang Evaluasi Perkembangan Kelurahan dan Desa.

“Penilaian dilakukan secara berjenjang. Mulai dari tingkat kota dan kabupaten, kemudian tingkat provinsi, hingga nasional,” ungkapnya.

“Penilaian ini juga bertujuan agar pemerintah daerah bisa mengevaluasi perkembangan dari kelurahan.  Juga melihat realita yang terjadi, bukan hanya sekedar memaparkan data,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid mendorong Kelurahan Bulotadaa Barat dapat mendapatkan prestasi tersebut hingga ke tingkat provinsi.

“Saya berharap pemerintah kelurahan dapat mempersiapkan dokumen dan verikasi yang ada di lapangan sebaik mungkin,” kata Ismail.

Ismail menyampaikan bahwa program Kelurahan Bulotadaa Barat merupakan akselerasi pembangunan yang bertujuan untuk mendukung visi dan misi Provinsi Gorontalo.

“Yaitu, Terwujudnya Masyarakat Gorontalo Yang Maju, Unggul dan Sejahtera,” ujar Ismail di hadapan tim penilai

Menurutnya, peran kelurahan berpengaruh penting untuk mencapai pembangunan yang merata di Kota Gorontalo. Terutama dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Peran aparatur pemerintah kelurahan dan kecamatan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sangat penting. Inilah yang menjadi tema sentral Kelurahan Bulotadaa Barat yang kemudian kita angkat pada lomba kelurahan ini,” ternagnya.

Berita Terkait:  Tingkatkan UMKM, Penjagub Ismail Apresiasi Gerakan Nasional BBI-BBWI

Kelurahan Bulotadaa Barat memang menjadi satu-satunya wakil Kota Gorontalo pada ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo.

Kelurahan yang terletak di Kecamatan Sipatana ini sebelumnya sukses mengalahkan 49 pesaingnya pada ajang yang sama di tingkat Kota Gorontalo.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis



hari kesaktian pancasila