Kab. Bone Bolango

Budiyanto Sidiki Mediasi Persoalan Pertambangan di Bonepantai

×

Budiyanto Sidiki Mediasi Persoalan Pertambangan di Bonepantai

Sebarkan artikel ini
Budiyanto Sidiki Mediasi Persoalan Pertambangan di Bonepantai
Pjs Bupati Bone Bolango, Budiyanto Sidiki ketika melakukan mediasi persoalan pertambangan di Kecamatan Bonepantai, Selasa (22/10/2024). (Foto: Hms Pemkab Bone Bolango)

Hargo.co.id, GORONTALO – Persoalan pertambangan di Kecamatan Bonepantai mendapat perhatian serius dari penjabat sementara (Pjs) Bupati Bone Bolango, Budiyanto Sidiki.

Berita Terkait:  Gandeng Pemdes, Dinas Kominfo Bone Bolango Mulai Sosialisasikan KIM

badan keuangan

Buktinya, Budiyanto Sidiki melakukan silaturahmi sekaligus memediasi kegiatan pertambangan di wilayah tersebut, Selasa (22/10/2024).

Silaturahmi dan mediasi ini dilakukan antara pihak pemerintah setempat, PT Celebes Bone Mineral dan masyarakat. Diketahui, isu aktivitas pertambangan menjadi perbincangan hangat yang berkembang beberapa hari terakhir di wilayah Bonepantai maupun Bone Bolango.

Berita Terkait:  Bawaslu-Pemkab Bone Bolango Sepakati NPHD Rp 9 Miliar

badan keuangan

Aktivitas pertambangan PT Celebes Bone Mineral ini mendapat penolakan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Menurut masyarakat di wilayah Bonepantai, PT Celebes Bone Mineral tanpa “permisi” kepada warga sudah menaikkan alat berat ke lokasi titik pertambangan.

Masyarakat menilai pihak PT Celebes Bone Mineral sudah seenaknya masuk di wilayah Kecamatan Bonepantai. Mereka pun menolak segala aktivitas pertambangan yang akan dilakukan oleh PT Celebes Bone Mineral dengan pertimbangan akan merusak hutan dan mengakibat bencana.

Berita Terkait:  Petugas Kebersihan dapat Bantuan Bahan Pokok dari Merlan

Menanggapi hal itu, Arjun Mogulaingo yang merupakan perwakilan PT Celebes Bone Mineral menegaskan,

alat yang dinaikkan ke titik pertambangan tersebut saat ini belum melakukan aktivitas.

Berita Terkait:  Aktif Tangani Longsor di Pertambangan Suwawa, Pemkab Bone Bolango Dianugerahi Penghargaan

“Alat itu kami naikkan hanya untuk disimpan disana sembari kita menunggu pencabutan suspensi perusahaan. Kami juga memohon maaf jika warga menilai kami tidak permisi terlebih dahulu saat menaikkan alat tersebut,” ujar Arjun.

Sementara itu, Pjs Bupati Bone Bolango Budiyanto Sidiki mengungkapkan terkait aktivitas pertambangan dirinya mengedepankan keselamatan warga yang ada di sekitar lokasi pertambangan tersebut.

Berita Terkait:  Lantik 366 PPPK, Merlan: Jangan Lupa Bersyukur

“Kewenangan kami Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bukan menolak atau mencabut izin tapi mengingatkan

jika ada yang mulai meresahkan masyarakat. Oleh karena itu saran kami kepada PT Celebes Bone Mineral sebaiknya

Berita Terkait:  Warga Diajak Makmurkan Masjid

tidak ada dulu kegiatan apapun di lokasi itu dan lebih baik lagi untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap Budiyanto Sidiki.

Dirinya pun mengajak seluruh pihak untuk terus menjaga kondusifitas daerah jelang Pilkada Serentak pada November 2024 nanti.(Rls)

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Dinilai Represif Terhadap Pemberantasan Narkoba