Kota Gorontalo

Banjir Bandang Terjang Tenilo, Pemkot Gerak Cepat Salurkan Bantuan Mendesak

×

Banjir Bandang Terjang Tenilo, Pemkot Gerak Cepat Salurkan Bantuan Mendesak

Sebarkan artikel ini
Banjir Bandang Terjang Tenilo, Pemkot Gerak Cepat Salurkan Bantuan Mendesak 1
Kondisi Kelurahan Tenilo pasca diterjang banjir bandang. (Foto: Pemkot Gorontalo)

Hargo.co.id, GORONTALO – Hujan deras yang mengguyur Kota Gorontalo berjam-jam berdampak pada terjadinya bencana di sejumlah wilayah. Seperti bencana banjir bandang yang menerjang Kelurahan Tenilo, Kecamatan Kota Barat, Rabu (26/6/2024) sekira pukul 17.05 Wita.

Berita Terkait:  KIM Award 2023, Leato Utara Targetkan Sabet 3 Penghargaan

badan keuangan

Banjir bandang di wilayah tersebut, dipicu check dam yang sudah tak mampu menampung debit air. Akibatnya, air dari pegunungan meluap ke pemukiman warga.

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum awak media, bencana banjir bandang tersebut berdampak pada 500 warga yang ada di Tenilo. Mereka terpaksa harus mencari pengungsian sementara.

Berita Terkait:  Tujuh PPPK Batal Lulus, BKPP Kota Gorontalo Diduga Maladministrasi

badan keuangan

Bencana ini pun langsung mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Gorontalo. Ya, pemerintahan yang kini dinakhodai Ismail Madjid sebagai penjabat (Pj) Wali Kota dan Deddy Kadullah sebagai Pj Sekda langsung mendistribusikan kebutuhan mendesak, seperti makanan siap saji kepada para korban.

Banjir Bandang Terjang Tenilo, Pemkot Gerak Cepat Salurkan Bantuan Mendesak 2
Penyaluran bantuan makanan siap saji dari Pemerintah Kota Gorontalo kepada korban banjir bandang di Kelurahan Tenilo. (Foto: Pemkot Gorontalo)

“Untuk penyiapan makanan siap saji, sesuai hasil koordinasi Baznas dan Dinsos, untuk malam ini Baznas dulu yang akan menyiapkan makanan 500 bungkus. Besoknya Dinsos yang akan menyiapkan,” ucap Deddy Kadullah.

Berita Terkait:  Dilantik Rudy Salahuddin, Ismail Madjid Resmi Menjabat Pj Wali Kota

Bukan cuma menyiapkan makanan, kata Deddy, pihaknya juga kini tengah memantau wilayah-wilayah yang kerap dilanda bencana banjir maupun longsor ketika musim penghujan tiba.

“Seluruh camat dan lurah sudah kami instruksikan untuk memantau wilayah masing-masing,” tandasnya dan mengimbau kepada seluruh warga yang mendiami wilayah rawan bencana untuk waspada.(*) 

Berita Terkait:  Peringatan Hari Pahlawan Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Penulis: Rendi Wardani Fathan