Ekonomi

Harga Pakan Sapi di Gorontalo Terus Alami Kenaikan

×

Harga Pakan Sapi di Gorontalo Terus Alami Kenaikan

Sebarkan artikel ini
Harga Pakan Sapi
Salah satu toko yang menjual pakan sapi di Kabupaten Bone Bolango. (Foto : Indrawati Endris untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Permintaan pakan sapi di Kota Gorontao mengalami peningkatan pada Juni 2023. Permintaan yang naik juga berimbas pada harga pakan sapi di sejumlah toko.

badan keuangan

Tyson, salah satu karyawan Toko Mutiara Farm yang ada di Jalan Sapta Marga, Kecamatan Kabila, Bone Bolango, membenarkan hal tersebut.

“Sekarang itu harganya sudah Rp 285 ribu per koli dengan ukuran 50 per kg. Sebelumnya Rp 275 ribu,” kata Tyson, Rabu (14/6/2023),

badan keuangan

Menurutnya, kenaikan harga bahan baku meyebabkan harga pakan juga naik. Seperti harga jagung kering di gudang Gorontalo yang terus melonjak.

Selain itu, biaya pengiriman pakan sapi dari Pabrik Sinta di Cileungsi, Bogor juga meyebabkan kenaikan harga tersebut.

Ia menuturkan, biasanya pembeli meyetok 5 ton atau sekitar 100 koli dalam sekali order.

“Minggu kemarin laku 8 Koli. Pembelinya peternak mandiri skala kecil. Beda lagi kalau Dinas Peternakan Provinsi yang minta, sekali minta bisa 8 ton atau 160 koli. Tapi itu jatah untuk sebulan,” ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku omzet pendapatan khusus pakan sapi saat ini normal. Soal strategi pemasaran, ia menjual pakan melalui media sosial, seperti Facebook.

Kenaikan harga pakan sapi erat kaitannya dengan meningkatnya kebutuhan hewan sapi menjelang Iduladha. Persoalan ini, patut mendapat perhatian dari pemerintah. Sebab, akan berdampak pada para peternak.(*)

Penulis: Indrawati Endris/ Mahasiswa Magang UNG

Berita Terkait:  Stok Sapi Kurban di Bone Bolango Mulai Menipis, Harga Tetap Normal