Kab. Bone Bolango

Lansia dan Penyandang Disabilitas di Bone Bolango Kebagian Bantuan Rp 178 Juta dari Kemensos

×

Lansia dan Penyandang Disabilitas di Bone Bolango Kebagian Bantuan Rp 178 Juta dari Kemensos

Sebarkan artikel ini
Lansia dan Penyandang Disabilitas di Bone Bolango Kebagian Bantuan Rp 178 Juta dari Kemensos
Penyerahan secara simbolis salah satu bantuan Atensi untuk penyandang disabilitas dan lansia di Kabupaten Bone Bolango. (Foto: Tim IKP/AKP)

Hargo.co.id, GORONTALO – Para penyandang disabilitas dan lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Bone Bolango kebagian bantuan Rp. 178 juta dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Tumou Tou Manado.

Berita Terkait:  Pendampingan Inspektorat Harus Lebih Optimal

badan keuangan

Bantuan yang bersumber dari program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) itu diserahkan Kepala Sentra Tumou Tou Manado, Kemensos RI, Meerada Saryati Aryani dan diterima oleh staf ahli Pemkab Bone Bolango, Dian Susilo, Jumat (22/3/2024).

Menurut Meerada Saryati Aryani, penyaluran bantuan asistensi rehabilitasi sosial dari Kemensos sudah dilakukan assesment terhadap proposal yang masuk dari daerah,

badan keuangan

dan warga yang masuk dalam penerima manfaat bantuan ini adalah mereka yang masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

Berita Terkait:  Merlan: Jangan Pilih Caleg yang Halalkan Politik Uang

“Bantuannya beragam, seperti kursi roda standar, kursi roda three in one, tongkat kaki tiga, tongkat adaptif, kaki palsu, sembako, nutrisi dan kebersihan diri, alat bantu dengar, sarana kamar,” kata dia.

Selanjutnya, ada peralatan sekolah , pop ice, warung sembako, penjual nasi kuning,

Example 300250

pembuat kue , pertukangan, barber shop, mesin pangkas rumput, pertanian, dan pembuat batu bata.

Berita Terkait:  Kabar Gembira, Pemkab Bone Bolango Buka Formasi CPNS dan PPPK, Ini Formasinya

“Total bantuannya sebesar Rp178,3 juta dengan 138 item bantuan dan jumlah penerima 121 orang penyandang disabilitas dan lanjut usia,” terang Meerada.

Lebih lanjut, Meerada mengungkapkan untuk penerima manfaat bantuan kewirausahaan sesuai arahan Menteri Sosial, itu akan dilakukan monitoring.

Berita Terkait:  Rayakan HUT ke-21, Pemkab Bone Bolango Beri Diskon 30 Persen Pembayaran BPHTB

“Jadi yang mendapatkan bantuan kewirausahaan wajib untuk dimonitoring dan dievaluasi, serta diinformasikan perkembangan usahanya setiap tiga bulan ke kami. Apakah memang bantuan yang diberikan itu bisa meningkatkan kesejahteraanya atau tidak,” ungkap Meerada.

Sebab, ada tim dari pusat yang turun di Provinsi Gorontalo menemukan ada 13 penerima manfaat bantuan tapi usahanya stagnan alias tidak berkembang. Hal ini tentu menjadi perhatian Menteri Sosial, sehingga kita diminta untuk turun Monev ke lapangan langsung.

Berita Terkait:  Pemkab Bone Bolango Optimis Sabet PPD Tingkat Nasional

“Jadi mohon kepada Staf Ahli dan pak Kadis Sosial untuk melakukan monitoring bagi yang sudah diberikan oleh Kemensos melalui Sentra Timou Tou Manado,” beber Meerada.

Sementara itu, Dian Susilo yang mewakili Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli pada kegiatan itu,

mengucapkan terima kasih kepada Sentra Timou Tou Manado yang sangat intens

membantu para pemerlu kesejahteraan sosial di Kabupaten Bone Bolango.

Berita Terkait:  Tekan Kemiskinan Ekstrem, Merlan: OPD Jangan Hanya Kejar Pemenuhan SPJ

“Saya kebetulan juga mantan Kepala Dinas Sosial yang sering berhubungan dengan Sentra Timou Tou Manado dan sering ada berkomunikasi. Jadi kalau ada banjir cepat ada penanganannya. Apalagi, untuk penanganan-penanganan rehabilitai sosial, disabilitas maupun lansia,” ujar Dian Susilo.(Rilis/AKP)



hari kesaktian pancasila