Legislatif

Sukarman Harap, FPDL dapat Tingkat Perekonomian Warga

×

Sukarman Harap, FPDL dapat Tingkat Perekonomian Warga

Sebarkan artikel ini
PAW almarhum Ali Polapa - Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio - Usulan di Musrenbangdes Harus Mengacu pada RPJMDes
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio.

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota Komisi I DPRD Sukarman Hs Humonggio berharap, pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) menjadi ladang untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Gorontalo.

Berita Terkait:  Datangi Kantor Merdeka Grup, Senator Dapil I Pohuwato Ingatkan Ini

badan keuangan

Hal itu disampaikan Sukarman Humonggio menjelang event nasional FPDL di lokasi wisata Pentadio Resort

pada 22-24 Juni 2024 mendatang oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar).

badan keuangan

FPDL tidak sebatas promosi pariwisata, tapi harus memberikan kontribusi nyata untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat, termasuk meningkatkan PAD. Kami Komisi I DPRD memberi support pelaksanaan FPDL,” kata Sukarman Humonggio saat ditemui di Gedung DPRD, Senin (27/5/2024).

Berita Terkait:  Terkait Rencana Rasionalisasi Anggaran, Dekab Gorut akan Undang TAPD

Sukarman Humonggio mengatakan, sektor pariwisata memiliki peranan penting sebagai salah satu sumber

bagi peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya meningkatkan produktivitas suatu daerah.

“Tujuan akhir dari event nasional FPDL ini adalah meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Jika dikelola dengan baik sektor pariwisata dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, menciptakan permintaan, baik konsumsi maupun investasi,” jelas Sukarman Humonggio.

Berita Terkait:  Gustam: APBD 2023 adalah Kenangan Pahit Para Aleg

Sukarman Humonggio mendorong pemerintah daerah untuk terus memanfaatkan potensi pariwisata secara optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni menciptakan inovasi destinasi wisata yang menarik.

“Negara telah mengatur tentang peran pemerintah daerah dalam peningkatan potensi pariwisata yaitu, memfasilitasi, mendorong penanaman modal, pengembangan pariwisata, mengelola pariwisata, dan mengalokasikan anggaran untuk peningkatan potensi pariwisata,” ungkap Sukarman Humonggio.

Berita Terkait:  Pembahasan Tatib DPRD Gorut Terus Dipacu

Lebih dari itu, pemerintah daerah diharapka bisa melakukan pengembangan pariwisata melalui desa wisata. Hal tersebut dianggap baik karena berhasil dilakukan oleh daerah-daerah besar.

“Tidak bisa kita pungkiri bahwa saat ini trend desa wisata terus dikembangkan sebagai salah satu bentuk pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Banyak daerah-daerah selain Gorontalo yang telah berhasil. Kami harap ini dapat dilakukan oleh pemerintah,” tandas Sukarman Humonggio.(*)

Berita Terkait:  Manajemen RS MM Dunda Diminta Tegas Terkait Insiden Kebakaran

Penulis: Deice